Kementerian ATR/BPN Evaluasi Kinerja Kakanwil BPN Provinsi, Begini Hasilnya

Senin, 19 Juli 2021 – 13:35 WIB
Ilustrasi - Evaluasi Kinerja Kakanwil BPN Provinsi Semester I. Foto/ilustrasi: Humas Kementerian ATR/BPN.

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) melaksanakan Evaluasi Kinerja Semester I Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi, sejak 8 Juli lalu.

Kegiatan diawali dengan pemaparan kinerja para kepala kantor wilayah BPN provinsi.

BACA JUGA: Mantap! Panglima TNI Sidak Tempat Penyimpanan Obat di Banten

Evaluasi kinerja Semester I digelar secara daring dan resmi ditutup pada Sabtu (17/7) kemarin.

Ketua Tim Evaluasi Kinerja Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Semester I Gunawan Muhammad mengemukakan alasan digelarnya kegiatan ini.

BACA JUGA: Wapres Berharap Tidak Timbul Klaster Baru COVID-19 Saat Iduladha Nanti

Yaitu untuk mengetahui pencapaian kinerja para kepala kantor wilayah BPN berikut jajarannya, berdasarkan target-target yang telah ditentukan.

Pria yang juga menjabat Staf Ahli Menteri ATR/Kepala BPN Bidang Reformasi Birokrasi ini juga menyebut kegiatan digelar untuk mengetahui hambatan, kendala, dan masalah (HKM) yang dihadapi serta menyiapkan langkah-langkah untuk mengatasi HKM tersebut.

BACA JUGA: Ingat, Tindak Kekerasan Pada Warga Bisa Berujung Krisis Sosial

"Tujuannya agar target kinerja organisasi yang telah ditetapkan dapat dicapai secara optimal baik secara kualitas maupun kuantitas."

"Selain itu, data hasil evaluasi kinerja tersebut juga akan dimanfaatkan sebagai salah satu bahan pertimbangan untuk pengambilan keputusan dalam manajemen SDM," ujar Gunawan saat diwawancara secara daring.

Evaluasi kinerja ini dilaksanakan secara reguler.

Tahun-tahun sebelumnya Kementerian ATR/BPN selalu melakukan evaluasi kinerja.

"Bedanya, sebelum terjadi pandemi Covid-19 dilakukan secara tatap muka, tetapi untuk saat ini karena situasi pandemi, evaluasi kinerja dilaksanakan secara daring," katanya.

Evaluasi kinerja ini diawali dengan paparan para kepala kantor wilayah BPN provinsi terkait pencapaian kinerja semester I sesuai dengan indikator kinerja dan target yang telah ditetapkan.

Kemudian, menyampaikan HKM yang dihadapi, serta langkah yang akan diambil untuk pencapaian kinerja pada semester II.

Selanjutnya, sekretaris jenderal, inspektur jenderal, para dirjen dan seluruh anggota tim evaluasi kinerja menyampaikan evaluasi dan arahan.

Pada kesempatan ini, Gunawan Muhammad menyampaikan bahwa secara umum pencapaian kinerja semester I masih perlu ditingkatkan.

"Salah satu penyebabnya situasi pandemi Covid-19 yang mengakibatkan cukup banyak ASN di Kementerian ATR/BPN yang terpapar Covid-19."

"Situasi pandemi juga mengakibatkan komunikasi dengan masyarakat, aparat desa/kelurahan dan pihak-pihak terkait lain ada sedikit kendala."

"Namun demikian, seluruh kakanwil optimistis target-target yang telah ditetapkan akan dapat terselesaikan dengan baik," ujarnya.

Hasil evaluasi kinerja semester I ini akan digunakan untuk merumuskan langkah-langkah yang perlu dilakukan baik pada level kantah, kanwil, maupun kementerian, termasuk bagaimana mengatasi HKM yang ada, sehingga pelaksanaan program/kegiatan pada semester II dapat dilaksanakan dengan lebih baik.

Gunawan berharap dengan evaluasi kinerja ini semua jajaran Kementerian ATR/BPN baik yang ada di kantah, kanwil maupun kementerian, bisa lebih memahami tugas dan tanggung jawab masing-masing.

Selain itu, dapat merumuskan langkah-langkah perbaikan yang perlu dilakukan.

"Sehingga kinerja Kementerian ATR/BPN semakin hari makin baik demi terwujudnya penataan ruang dan pengelolaan pertanahan yang terpercaya dan berstandar dunia," pungkas Gunawan.(*/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler