Kenapa Mata Sering Belekan? Ini Penyebab dan Solusinya

Senin, 21 Oktober 2024 – 17:10 WIB
Kenapa mata sering belekan? Ini penyebab dan solusinya. Foto: supplied

jpnn.com - Mata belekan atau keluarnya cairan dari mata adalah kondisi yang umum terjadi dan sering kali membuat kita merasa tidak nyaman.

Beberapa orang mungkin mengalami gejala ini hanya sesekali, sementara yang lain mungkin mengalaminya lebih sering.

BACA JUGA: Obati Iritasi Mata dengan 4 Bahan Alami Ini

Penting untuk memahami penyebab dan solusi untuk mengatasi masalah ini agar mata tetap sehat dan nyaman.

Menurut Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) Papua Selatan dengan situs pafipapuaselatan.org, ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan mata belekan.

BACA JUGA: Jaga Kesehatan Mata dengan Mengonsumsi 6 Buah Ini

Penyebab Mata Belekan:

1. Alergi terhadap debu, serbuk sari, atau bulu hewan dapat menyebabkan iritasi pada mata dan menghasilkan lendir berlebih. Reaksi alergi ini sering disertai dengan gejala lain seperti bersin dan hidung meler.

BACA JUGA: Nova Liana Tampil dalam Balutan The Royal Flavors Of Payakumbuah

2. Infeksi mata, seperti konjungtivitis (mata merah), dapat menyebabkan keluarnya cairan dari mata. Infeksi ini dapat disebabkan oleh bakteri, virus, atau jamur, dan sering kali membutuhkan pengobatan medis.

3. Kekeringan mata kering dapat memicu produksi lendir sebagai respons terhadap kekurangan kelembapan. Ini bisa disebabkan oleh penggunaan lensa kontak, paparan udara kering, atau kurangnya produksi air mata.

4. Iritasi paparan terhadap bahan kimia, asap rokok, atau polusi dapat menyebabkan iritasi pada mata, yang berujung pada keluarnya lendir.

5. Trauma atau luka cedera pada mata, seperti goresan atau paparan benda asing, dapat menyebabkan keluarnya cairan sebagai bagian dari proses penyembuhan.

Solusi Mengatasi Mata Belekan:

1. Kompres hangat. Mengompres mata dengan kain bersih yang dicelupkan ke dalam air hangat dapat membantu meredakan ketidaknyamanan dan mengurangi produksi lendir.

2. Obat Antihistamin. Jika belekan disebabkan oleh alergi, penggunaan obat antihistamin dapat membantu mengurangi gejala. Konsultasikan dengan apoteker atau dokter untuk mendapatkan obat yang sesuai.

3. Tetes Mata. Tetes mata buatan dapat digunakan untuk mengatasi mata kering dan membantu mengurangi ketidaknyamanan.

4. Hindari Iritan. Menghindari paparan terhadap asap rokok, debu, atau bahan kimia dapat membantu mencegah iritasi yang lebih lanjut.

5. Konsultasi Medis. Jika mata belekan disertai dengan gejala lain, seperti nyeri, penglihatan kabur, atau jika tidak membaik setelah beberapa hari, penting untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis dan perawatan yang tepat.

Mata belekan dapat menjadi tanda adanya masalah kesehatan yang perlu diperhatikan. Dengan memahami penyebab dan solusi yang tepat, Anda dapat menjaga kesehatan mata dan mencegah masalah lebih lanjut. (jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Langkah Strategis Indonesia Re di Tahun 2025, dari Restrukturisasi hingga Digitalisasi


Redaktur & Reporter : Rah Mahatma Sakti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler