Kepala BPIP: Anggota DPRD Jambi Harus Tingkatkan Nilai Pancasila  

Jumat, 27 Januari 2023 – 14:02 WIB
Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi mengatakan anggota DPRD harus bisa meningkatkan pemahaman terhadap nilai Pancasila. Foto: BPIP

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi mengatakan anggota DPRD harus bisa meningkatkan pemahaman terhadap nilai Pancasila dalam menjalankan tugasnya.

Hal itu dia ungkapkan saat memberikan arahan kepada 50 anggota legislatif DPRD Jambi pada kegiatan bertajuk “Penguatan Pembinaan Ideologi Pancasila Bagi Anggota DPRD Provinsi Jambi Tahun 2023” Kamis, (26/1).

BACA JUGA: Resmikan Masjid Luthfi Al-Mukhlisin, Kepala BPIP: Muslim Harus Nasionalis

“Diharapkan segenap anggota DPRD Provinsi Jambi dapat menghayati dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam perannya sebagai wakil dari masyarakat Jambi,” kata dia.

Dia menambahkan fungsi penyusunan legislasi, pembahasan anggaran, serta pengawasan harus diilhami dan dijiwai dengan nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, dan keadilan.

BACA JUGA: Kepala BPIP Ucapkan Tahun Baru Imlek: Semoga Indonesia Bisa Tingkatkan Sikap...

“Penting agar dapat menyusun peraturan sesuai dengan nilai-nilai Pancasila," ungkapnya.

Selanjutnya, lanjut dia, fungsi penganggaran, agar dapat menetapkan kebijakan anggaran yang berkeadilan sosial.

BACA JUGA: Kepala BPIP Bekali Legislator Lampung dengan Penguatan Ideologi Pancasila, Ini Tujuannya

"Dalam hal pengawasan, agar dapat menjamin bahwa penyelenggaraan pembangunan serta pelayanan publik dijalankan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto menyampaikan Bimbingan Teknis tersebut sangat bermakna bagi para wakil rakyat Jambi.

Edi mengatakan komitmennya untuk senantiasa mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila untuk masyarakat Provinsi Jambi. 

“Ideologi Pancasila dan 4 pilar kebangsaan dapat kita suguhkan kepada masyarakat, khususnya masyarakat Jambi agar menjadi negeri baldatun thayyibatun wa rabbun ghofur," ujarnya.

"Tentu ilmu yang akan kami dapatkan di sini akan kami bawa untuk diejawantahkan dan diaplikasikan, semata-mata untuk masyarakat Jambi,” tambahnya.

Sementara itu, Deputi Bidang Hubungan Antar Lembaga, Sosialisasi, Komunikasi, dan Jaringan, Ir. Prakoso mendorong para anggota DPRD Provinsi Jambi agar menjadikan Pancasila sebagai Bintang Penuntun diiringi dengan semangat gotong royong menjaga kesatuan dan keutuhan NKRI.

“Kami harapkan dapat bergotong royong dalam Pembinaan Ideologi Pancasila kepada seluruh Warga Negara Indonesia,” jelasnya. (jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... BPIP Rangkul Ikon Prestasi Pancasila untuk Bersinergi, Ini Misinya


Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Dedi Sofian, Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler