Kepastian 'Manggung' di Santiago Bernabeu

Selasa, 27 April 2010 – 10:11 WIB
PENENTUAN - Empat pelatih yang akan berperan besar dalam laga penentuan di semifinal Liga Champions ini (dari kiri): Claude Puel, Louis van Gaal, Josep Guardiola dan Jose Mourinho. Foto-foto: UEFA.com.
PUBLIK pecinta sepakbola, khususnya lagi fans dari empat klub yang kini berada di fase semifinal Liga Champions UEFA, bisa diyakini tengah deg-degan dan kian tegang menunggu kepastianTak kalah tegangnya dengan apa yang dirasakan oleh para pelakon di laga sepakbola akbar antarklub Eropa itu sendiri, dari keempat klub: Lyon, Bayern Munchen, Barcelona dan Inter Milan

BACA JUGA: Minta Maaf, Ajak Tim Fokus

Pertanyaan utama hanya satu: siapakah yang akhirnya berhak "manggung" di laga final, di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, Spanyol, 22 Mei mendatang?

Setiap pihak - tidak saja pelatih dan pemain keempat klub tapi juga fans - sama-sama punya keyakinan alias optimisme, timnya bisa maju ke partai final Liga Champions musim 2009/2010 ini
Seiring dengan itu, di luar segala persiapan fisik maupun mental yang dilakukan maksimal, perang urat syaraf di media pun telah dilakukan

BACA JUGA: Mengusung Spirit Bernabeu

Kini, saatnya fokus pada partai penentuan itu, karena hanya dalam beberapa jam berselang, peluit kick-off second leg semifinal pun sudah akan berbunyi.

Stade de Gerland di Lyon akan menjadi venue laga semifinal penentuan pertama, malam nanti atau Rabu (28/4) dinihari WIB, antara Lyon dengan Bayern
Peta-nya saat ini, yang jelas tim tamu dalam posisi unggul, setelah menang tipis 1-0 di kandangnya Allianz Arena, dalam leg pertama pekan lalu

BACA JUGA: Lyon vs Bayern, Fase Krusial

Posisi ini disebut cukup tricky buat Lyon, karena untuk lolos mereka wajib menang minimal 2-0 atau selisih dua golSkor 2-1 saja tidak cukup, karena Bayern akan diuntungkan dengan aturan gol away.

Namun demikian, klub yang pernah menyingkirkan tim bertabur bintang Real Madrid itu, mengaku tetap optimistis - setidaknya dari apa yang diungkapkan sang pelatih maupun para punggawanya"Saya lebih suka berada dalam kondisi tertinggal seperti ini," ungkap pelatih Lyon, Claude Puel, sebagaimana dikutip AFP.

:TERKAIT "Permainan tim saya selalu jauh lebih baik kalau sedang tertinggalKalau harus mempertahankan skor kemenangan, justru lebih sulit," lanjut Puel pulaUngkapan yang kurang lebih sama, juga lantas disampaikan oleh salah seorang pilar tim asal Prancis tersebut, Lisandro.

"Kami sudah pernah melakukannyaKami sudah pernah menyingkirkan tim yang di atas kertas sulit ditaklukkanKami bisa melakukannya lagi," tegas Lisandro, merujuk pada sukses mereka di babak terdahulu ketika menekuk Madrid"Pada hari itu, di Bernabeu, kami semua punya satu tujuanYakni, lolos ke delapan besar," imbuhnya.

Sejalan dengan optimisme dan motivasi kuat itu, kebetulan pula, kondisi pertahanan Bayern saat ini sedikit mendukung ambisi Les Gones - julukan Lyon - untuk tampil menyerangSetidaknya, dua bek tengah Bayern, Daniel van Buyten dan Martin Demichelis, konon masih diragukan bisa tampil.

Ini jelas membuat pusing pelatih Bayern, Louis van GaalSebab, meskipun stok pemainnya seperti Diego Contento, main bagus di leg pertama lalu, dia mengaku lebih suka memasang pemain berpengalaman untuk fase krusial ini"Saya harap, salah satu dari bek tengah itu bisa main di leg kedua," kata Van Gaal.

"Kalau salah satu saja yang absen, saya bisa memasang Holger Badstuber di tengah, dan Contento di sayap kiriSaya sudah senang kalau bisa menurunkan formasi itu," lanjut sang arsitek tim asal Belanda tersebut, kendati cukup lega juga karena kapten Mark van Bommel kini sudah bisa tampil.

Sebaliknya di sisi lain, Puel juga sebenarnya tak kalah mirisnya dengan koleksi defender-nyaDia sudah kehilangan beberapa bek yang cederaSudah begitu, Jeremy Toulalan dipastikan absen, setelah menerima dua kartu kuning di leg pertamaPlus, awal pekan ini ada berita buruk lagi, karena kapten Cris diragukan bisa tampil akibat cedera lutut dan panggul dalam sebuah sesi latihan"Cris memang diragukan bisa tampil, dan itu pukulan besar buat kami," kata Puel.

Jelas memang, siasat dan strategi kedua pelatih dalam meramu tim dan gaya permainan terbaik menghadapi pertandingan, hingga bisa menampilkan aksi maksimal dan meraih hasil sesuai harapan, menjadi satu faktor yang menentukan dalam hal iniArtinya lagi, tertinggal maupun telah unggul lebih dulu, kepastian tampil di Bernabeu tetap bakal ditentukan dari pertandingan nanti malam.

Bagaimana dengan partai semifinal lainnya? Sama dengan Bayern, kendati dengan selisih gol yang lebih besar, Inter sebagai tamu Barca di pertemuan kedua mereka besok malam - atau Kamis dinihari WIB - pun di atas kertas bisa saja disebut dalam posisi unggul (Inter menang 3-1 di kandangnya pekan lalu, Red)Namun lagi-lagi, laga di Nou Camp, kandang Barca yang lumayan angker, jelas tidak akan mudah bagi Inter.

:POLLING Apalagi, karena belakangan ada masalah cukup krusial bagi tim asal kota mode Milan ituTepatnya yaitu adanya kemungkinan mereka bakal harus bermain tanpa playmaker saat menghadapi tuan rumah BarcaMasalahnya adalah karena Wesley Sneijder, bintang bernomor punggung 10 Inter, berpotensi absen memperkuat timnya karena mengalami cedera otot rectus femorisBahkan tim medis Inter pun sejauh ini tak berani menjamin kalau playmaker Belanda itu bakal fit di Nou Camp.

Payahnya, di luar Sneijder - yang oleh pelatih Jose Mourinho masih diharapkan bisa diturunkan - sebenarnya Inter biasa menggunakan Dejan Stankovic sebagai playmakerTapi pemain ini justru sudah pasti tak akan tampil, lantaran terkena akumulasi kartuDi sisi lain, Goran Pandev yang juga berkarakter sebagai penyuplai serangan, dikabarkan pula masih harus berjuang pulih dari cedera pahanya.

Tapi Barca sendiri pun tidak full teamYang jelas, salah seorang pemain andalan pelatih Josep "Pep" Guardiola, Anders Iniesta, juga dipastikan masih berhalangan untuk tampil di laga krusial iniDemikian juga halnya dengan kapten tim mereka, Carles Puyol, yang harus terkena hukuman akumulasi kartu pula.

Seru, itu pastiBaik itu laga semifinal lanjutan di Lyon, maupun yang di BarcelonaInilah dua laga penentuan sebenarnya, demi memastikan dua tim yang bakal berjibaku berebut trofi Liga Champions musim ini, kurang dari sebulan lagi di Madrid kelakSemua sama-sama berambisi, sama-sama optimis, sama-sama punya peluangNamun hanya dua kubu yang akan melangkah ke depan(ito/jpnn)

Perkiraan Pemain LYON vs BAYERN
Semifinal 2nd Leg - Stade de Gerland, Lyon
Selasa, 27 April 2010

Lyon (4-2-3-1)
1-Lloris (g); 13-Reveillere, 3-Cris, 4-Alain Boumsong, 20-Cissokho; 41-Gonalons, 6-Kallstrom; 10-Ederson, 8-Pjanic, 19-Delgado; 9-Lisandro
Pelatih: Claude Puel

Bayern Munchen (4-4-2)
Jorg-Butt (g); 21-Lahm, 6-Demichelis, 28-Badstuber, 26-Contento; 10-Robben, 17-Van Bommel, 31-Schweinsteiger, 25-Muller; 11-Olic, 18-Klose
Pelatih: Louis van Gaal

Head to Head
21/04/10    Bayern  v Lyon        1-0
11/12/08    Lyon      v Bayern    2-3 
01/10/08    Bayern  v Lyon        1-1 
05/11/03    Bayern  v Lyon        1-2
21/10/03    Lyon      v Bayern    1-1

-----
Perkiraan Pemain BARCELONA vs INTER
Semifinal 2nd Leg - Nou Camp, Barcelona
Rabu, 28 April 2010

Barcelona (4-3-3)
1-Valdes (g); 2-Alves, 3-Pique, 18-Milito, 22-Abidal; 6-Xavi, 16-Busquets, 15-Keita; 10-Messi, 9-Ibrahimovic, 17-Pedro
Pelatih: Josep Guardiola

Inter Milan (4-3-1-2)
12-Julio Cesar (g); 13-Maicon, 25-Samuel, 6-Lucio, 4-Zanetti; 8-Motta, 19-Cambiasso, 27-Pandev; 10-Sneijder; 9-Eto"o, 22-Milito
Pelatih: Jose Mourinho

Head to Head
20/04/10    Inter             v Barcelona    3-1
24/11/09    Barcelona   v Inter              2-0
16/09/09    Inter              v Barcelona   0-0
26/02/03    Inter              v Barcelona   0-0
18/02/03    Barcelona   v Inter              3-0

BACA ARTIKEL LAINNYA... Italia-AS Ulang Final 2009


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler