Kepedulian Perbankan Rendah

Hanya Empat Bank Peduli Korban Gempa

Senin, 15 Februari 2010 – 10:52 WIB
PADANG- Bank Indonesia (BI) mengaku sangat kecewa dengan perbankan yang beroperasi di Sumatera Barat (Sumbar)Bagaimana tidak, dari 25 bank yang beroperasi di ranah Minang itu, hanya 4 bank yang peduli terhadap korban gempa

BACA JUGA: Kalsel Datangkan 3 Ribu Ton Gula Impor



Keempat bank itu, Bank Nagari, BRI Konvensional, BNI dan  Bank Mandiri yang menandatangani MoU  menetapkan suku bunga pinjaman di bawah 10 persen untuk para korban gempa.

"Jujur, saya kecewa
Kepedulian perbankan terhadap korban gempa sangat minim sekali

BACA JUGA: Hanya 4 Bank Peduli Korban Gempa

Apa salahnya perbankan rela mengurangi sedikit keuntungan yang mereka dapatkan untuk korban gempa," ujar Pimpinan BI Padang, Romeo.

Penetapan suku bunga pinjaman di bawah 10 persen, salah satu upaya bank untuk membantu korban gempa
"Dengan tingkat suku bunga 8 atau 10 persen saja, perbankan sudah mendapatkan keuntungan.  Jadi sangat tidak wajar, jika perbankan masih menetapkan tingkat suku bunga di atas 10 persen," jelasnya. 

Pascagempa 30 September lalu, kata Romeo, banyak usaha kecil di Sumbar, khususnya Kota Padang menjadi terpuruk

BACA JUGA: Kramas Massal di Hari Valentine

Oleh sebab itu, diperlukan bantuan finansial berupa pinjaman untuk menggairahkan kembali dunia usaha.

"Kami masih menunggu sampai besok untuk perbankan yang akan ikut berpartisipasi dalam mendukung membangun Sumbar pascagempa ini," ucapnya.

Jika  perbankan tidak bersedia bergabung untuk membangun Sumbar, tambah Romeo, BI akan mengumumkan bank-bank yang tidak peduli tersebut di media. 

"Inilah saatnya perbankan peduli terhadap masyarakat korban gempaJika tak bisa pimpinan di sini mengambil keputusan, saya juga akan terbang ke Jakarta guna menemui dirut bank-bank tersebutJika masih tak bisa, saya akan minta Gubernur Bank Indonesia yang minta langsung kepada dirut-dirut bank yang belum bergabung," ucapnya.

Di samping itu, 2009 lalu, jelas Romeo, ada lima bank yang memiliki Loan  Deposit Ratio (LDR)  masih di bawah 50 persenBI juga telah memperingatkan kelima bank tersebut untuk segera memperbaiki kinerjanya

"Kita tidak butuh bank yang hanya funding sajaSaat ini, kita butuh bank yang bisa melakukan intermediasiKalau LDR-nya rendah, berarti kemampuan bank tersebut untuk memberikan pinjaman masih rendah atau bank itu tidak memiliki kepedulian," pungkasnya.(a/fuz/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Bulog Minta Kebijakan Khusus Soal Tunjangan Beras Natura


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler