Kerabat Gayus Terima Rp12 Miliar

Aliran Dana Versi Kastorius

Kamis, 01 April 2010 – 15:44 WIB
JAKARTA- Hasil penyilidikan Tim Mabes Polri menyebut aliran dana dalam rekening Gayus Tambunan senilai Rp12 miliar didistribusikan ke rekning milik kerabatnya berinisial SADari rekening SA, uang tersebut ditransfer ke sejumlah perusahaan dengan inisial PT PKP, PT ETS dan PT E. 

"SA, ini masih berhubungan family dengan Gayus, dimana suami SA adalah kakak atau adik Gayus

BACA JUGA: Australia-RI Luncurkan SDM Seni Kolaboratif

Ke rekening SA mengalir 12 miliar lebih," ujar Penasehat Ahli Kapolri, Kastorius Sinaga, yang mengaku diundang kapolri dalam pemeriksaan Gayus, di Mabes Polri, Kamis (1/4).

Dijelaskan, selain mengalir ke tiga perusahaan itu dana disebut juga mengalir ke rekening Andi Kosasih sebesar Rp1,9 miliar
"Dan aliran dana Rp 1,9 miliar ini sudah kita deteksi, turunannya yaitu, ke isterinya Kosasih sendiri sebesar Rp1,2 miliar

BACA JUGA: Mantan Dirut Kimia Farma Dituntut 7,5 tahun Penjara

Lalu kepada sesorang berinisial Y sekitar sisanya," tambahnya.

Selain itu, disebutkan juga ada aliran dana Rp3,6 miliar yang mengalir ke isteri Gayus
Ini juga masih terus diselidiki, bersama dugaan aliran dana yang diduga menjalar ke kantong-kantong sejumlah oknum anggota Polri

BACA JUGA: Manuver Susno Dinilai Mirip Sinetron

"Ini sedang di dalami, memang kalau kita dengar, aliran dana ini ibarat jejak kaki sehingga Polri memfokuskan penarikan tunai oleh Gayus, yang totalnya sebesar Rp6,2 miliar oleh dia sendiriKemana dana ini (alirannya) sedang di dalami," tambah Kastorius Sinaga.

Sementara itu Kabareskrim Polri Komjen (pol) Ito Sumardi, menyebut masalah aliran dan sumber dana itu masih terus didalamiSaat ini polri membutuhkan waktu untuk menuntaskan kasus ini dengan metode penyelidikan yang telah disiapkan. 

"Masalah dana yang sudah ada di rekening Gayus, itukan harus dibuktikan dengan pembuktian terbalikPembuktian terbalik memerlukan waktu, karena itu memerlukan waktu makanya tolong beri kesempatan," ujarnya, di Mabes Polri, Kamis (1/4) siang.

Selain itu, Mabes Polri juga menyebutkan bahwa sejumlah rekening yang diduga terindikasi menerima aliran dana Gayus tengah diblokir untuk mempermudah penyidikan.(zul/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... 149 Perusahaan Suplai Dana ke Gayus


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler