Keren! Polri Persembahkan 15 Inovasi

Rabu, 26 Oktober 2016 – 08:15 WIB
Polisi. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Jajaran tidak ketinggalan menghadirkan berbagai ionvasi dalam Forum Replikasi Inovasi Pelayanan Publik di Bandung, 26-27 Oktober 2016.

Tidak tanggung-tanggung, institusi ini menampilkan 15 inovasi.

BACA JUGA: Dua Mantan Kapolda Riau Bakal Duduk di Kursi Panas Panja Karhutla

Yakni dari Polda DIY, Polresta Situbondo, Polresta Malang, Polres Sidarjo, Polres Gresik, Polres Jember, Polres Lamongan, Polres Tuban, Polres Bojonegoro, Polrestabes Surabaya, Polres Jembrana, Divisi Telematika dan Informatika, Korlantas Polri (3 inovasi), Polres Banyuwangi, Polres Kediri, dan Polres Rembang.

Di samping itu Polrestabes Bandung juga menggelar pelayanan SIM Keliling.

BACA JUGA: SBY Mengaku Cuma Pegang Kopian, Aslinya Tetap Misterius

Deputi Pelayanan Publik Diah Natalisa mengatakan, selain itu ada beberapa BUMN yang juga hadir dalam forum ini.

Yakni PT INTI menyampaikan inovasi reader KTP, PT Pos Indonesia menyampaikan inovasi pengangkutan dan logistik, sementara Bank BRI menyampaikan inovasi human capital untuk pengembangan SDM.

BACA JUGA: Banyak Kapal Asing tak Terdeteksi, TNI Butuh Pesawat Intai

Forum Repilkasi Inovasi Pelayanan Publik ini akan dibuka oleh Menteri PANRB Asman Abnur.

“Dalam acara pembukaan, akan diluncurkan Sistem Informasi Pelayanan Publik, Peluncuran Buku Top 35 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2016, dan Peluncuran Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik 2017,” ujarnya, di Jakarta.

Diah menambahkan, dalam acara yang berlangsung dua hari ini juga diselenggarakan bimbingan teknis pengelolaan LAPOR! – SP4N untuk seluruh Admin Pengelola Pengaduan Pelayanan Publik Provinsi dan Kabupaten/Kota.

LAPOR! adalah aplikasi pengaduan berbasis web yang terintegrasi secara nasional untuk seluruh Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, BUMN, serta Perwakilan Republik Indonesia di luar negeri.

“Dengan prinsip “No Wrong Door Policy” seluruh pengaduan dapat disalurkan, termasuk pungutan liar,” ujar nya.

Aplikasi LAPOR! dikembangkan UKP4 dan disempurnakan oleh Kantor Staf Kepresdenan dan saat ini doperasikan oleh Kementeriian PANRB.

Aplikasi tidak menduplikasi Aplikasi yang telah ada tetapi bersinergi saling keterhubungan tanpa menghapus aplikasi yang telah dikembangkan oleh instansi.

 Dengan Aplikasi LAPOR!, Pemerintah akan mendapatkan satu data terpadu angka pengaduan pelayanan publik secara nasional dari seluruh Instansi dan BUMN.

Dalam forum replikasi ini juga dilakukan sosialisasi nasional kompetisi inovasi pelayanan publik  2017 kepada kementerian/lembaga, pemerintah daerah, dan BUMN.

Sosialisasi ini dimaksudkan untuk menyampaikan penjelasan mengenai ketentuan, proses, dan metode.

 “Kompetisi ini dilakukan untuk menjaring inovasi pelayanan publik terbaik yang merupakan bahan penting untuk replikasi inovasi selanjutnya, sehingga inovasi pelayanan publik merupakan upaya percepatan peningkatan kualitas pelayanan publik yang berkelanjutan,” imbuh Diah Natalisa. (adv/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Bukti di Persidangan Lemah, Jessica Mesti Divonis Tak Bersalah


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler