Keren, Semoga Segera Tercipta Seribu Startup Digital Baru di Papua

Jumat, 29 Oktober 2021 – 14:01 WIB
Papua Tech Festival 2021 digelar di Sentani, Jayapura, Kamis (28/10). Kegiatan ini merupakan terobosan melatih sejumlah kaum muda asli Papua menjadi pengusaha start-up digital. Foto: Ist for JPNN.com

jpnn.com, SENTANI - Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko mendukung terselenggaranya Papua Tech Festival 2021, di Sentani, Jayapura, Kamis (28/10).

Kegiatan tersebut merupakan terobosan yang dilakukan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kememkominfo) bekerja sama dengan gerakan Papua Muda Inspiratif (PMI).

BACA JUGA: Tragis, 6 Orang Tewas Diduga Akibat Hujan Deras di Kalteng

Kegiatan ini melatih sejumlah kaum muda asli Papua menjadi startup digital.

Papua Tech Festival 2021 digelar secara daring dan luring.

BACA JUGA: Banyak juga ya Anggaran Untuk PPPK Harus Disiapkan Daerah ini

"Saya menyambut baik inisiatif acara talenta digital Papua yang diadakan oleh Kominfo dan Papua Muda Inspiratif. Karena, dapat menjadi input bagi ekosistem talenta nasional," ujar Moeldoko dalam sambutannya, sebagaimana dipublikasikan Jumat (29/10).

Pandangan senada juga dikemukakan Staf Khusus Presiden Billy Mambrasar.

BACA JUGA: Makanan-makanan ini Sangat Lezat, tetapi Iklannya Terpaksa Dilarang

Dia bahkan menyebut Presiden Joko Widodo menyambut baik kegiatan pelatihan start-up digital yang pertama kali digelar di Papua.

"Seribu startup digital dan Papua Muda Inspiratif dalam menciptakan talenta-talenta Nasional dalam bidang Digital," ucapnya.

Kemenkominfo diketahui aktif berkeliling ke berbagai daerah di Indonesia memberikan pelatihan sekaligus kultivasi dan permodalan, melalui Gerakan 1.000 Start up Digital, Beta, dan beberapa giat lain.

Semua giat tersebut kini dimasukkan dalam satu Gerakan yang disebut startupdigital.id dan kegiatan Papua Tech Fest 2021 merupakan giat pertama yang dilaksanakan menggandeng komunitas Papua Muda Inspiratif.

Papua Tech Fest 2021 mengangkat tema 'Mendukung Manajemen dan Ekosistem Talenta Digital Bangsa'.

Acara digelar Kamis (28/10) tepat pukul 10.00 Waktu Indonesia Timur (WIT) dan dihadiri ratusan pemuda Papua secara virtual serta undangan terbatas yang mengikuti kegiatan secara langsung.

Terdapat dua kegiatan inti yaitu peluncuran laman 'Manajemen Talenta Papua'.

Kemudian, pelatihan modul literasi digital, ekonomi digital dan startup digital.

Koordinator gerakan Papua Muda Inspiratif wilayah Mamta, Moses Rawar mengucapkan terima kasih kepada Kemenkominfo.

Dia berharap lewat Papua TechFest akan tercipta seribu start up baru di Tanah Papua pada 2025 nanti.

Dukungan untuk acara ini juga disampaikan Direktur Penataan Daerah, Otsus dan DPOD Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Valentinus Sudaryanto Sumito.

“Pemerintah bersungguh-sungguh dalam mewujudkan sumber daya manusia Papua yang berpengatahuan luas, terampil dan profesional, mandiri, sehat, jasmani dan rohani, serta memiliki daya saing untuk mewujudkan cita-cita yang mulia ini," katanya.(gir/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler