Ketahui 5 Khasiat Memakan Alpukat

Kamis, 28 Maret 2019 – 23:25 WIB
Alpukat. Foto: pixabay

jpnn.com - Alpukat dikategorikan sebagai makanan lemak baik untuk antiaging, antioksidan, dan memiliki hampir 20 vitamin dan mineral berbeda.

Salah satu studi tahun ini menemukan bahwa mengonsumsi alpukat bisa mendapat asupan serat, vitamin E, K yang lebih tinggi, magnesium, dan kalium.

BACA JUGA: 11 Manfaat Kesehatan dari Jus Melon, Anda Harus Coba!

Dilansir dari lama Health, ada 5 manfaat yang didapat saat mengonsumsi alpukat. Apa saja itu?

1. Meningkatkan Rasa Kenyang

BACA JUGA: Usir Kolesterol Jahat dengan Rajin Memakan 3 Buah Ini

Dengan makan makanan yang mengandung lemak baik dapat membantu memperlambat pengosongan perut, sehingga membuat kenyang lebih lama dan menunda kembalinya lapar. Penambahan setengah alpukat untuk makan meningkatkan rasa kenyang secara signifikan dan berkurangnya keinginan untuk makan hingga lima jam.

2. Menurunkan Berat Badan

BACA JUGA: Minuman Herbal Jepang Ini Dipercaya Manjur Turunkan Berat Badan

Masih banyak anggapan bahwa makan lemak membuat gemuk, tapi kenyataannya adalah mengonsumsi jenis lemak yang tepat sebenarnya adalah strategi penurunan berat badan yang cerdas. Selain meningkatkan rasa kenyang, lemak nabati seperti alpukat menyediakan antioksidan dan melawan peradangan, yang keduanya dikaitkan dengan mengatur berat badan. Itulah sebabnya penelitian terbaru mengungkapkan bahwa pemakan alpukat biasa memiliki berat lebih sedikit dan memiliki pinggang yang lebih kecil.

3. Melindungi Jantung

Sebuah studi UCLA baru-baru ini juga mengungkapkan beberapa efek perlindungan jantung yang luar biasa dari konsumsi alpukat. Alpukat juga merupakan sumber kalium, nutrisi yang membantu mengurangi tekanan darah. Selain itu bertindak sebagai diuretik alami untuk menyapu kelebihan natrium dan cairan dari tubuh, yang mengurangi tekanan pada jantung dan arteri.

4. Memberikan Nutrisi

Menikmati alpukat saat makan dapat membantu tubuh menyerap lebih banyak antioksidan dari makanan sehat lainnya. Dalam sebuah penelitian di Negara Bagian Ohio, ketika pria dan perempuan mengonsumsi salad 2,5 sendok makan alpukat, mereka menyerap lebih dari 8 kali alfa-karoten dan 13 kali lebih banyak beta-karoten-fitonutrien yang diketahui dapat memerangi kanker dan penyakit jantung. Studi baru-baru ini menemukan bahwa memadukan alpukat dengan saus tomat dan wortel meningkatkan penyerapan vitamin A, nutrisi penting yang dibutuhkan untuk kulit, penglihatan, dan imunitas.

5. Menciptakan Rasa Gurih

Untuk resep seperti brownies dan cupcakes, ganti mentega dengan setengah sendok makan alpukat. Selain mengurangi kalori dan meningkatkan kualitas nutrisi makanan, alpukat memberikan tekstur krim yang akan membuat merasa puas. (jpc/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Efektifkah Teh Hijau untuk Turunkan Berat Badan?


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler