Ketahui 5 Manfaat Luar Biasa Teh Tulsi

Kamis, 04 Juli 2019 – 13:17 WIB
Teh tulsi. Foto: Thinkstock

jpnn.com - Teh herbal memang identik dengan teh hijau. Namun, herbal menyehatkan tidak hanya ada pada teh hijau, ada juga teh tulsi / kemangi. Salah satu manfaat minum teh tulsi adalah melindungi tubuh dari penyakit akibat radikal bebas. Antioksidan dalam teh tulsi akan menetralisir radikal bebas sehingga sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat untuk melawan penyakit.

Teh tulsi juga memiliki sifat detoksifikasi yang bisa menjaga kesehatan jantung dan jaringan paru-paru, serta infeksi lainnya. Meski begitu, masih banyak manfaat dari minum teh tulsi bagi kesehatan. Berikut penjelasannya, seperti dilansir laman Stylecraze, Rabu (3/7).

BACA JUGA: Raih 6 Manfaat Rutin Meminum Teh Herbal

BACA JUGA: Lindungi Tubuh Anda dari Polusi dengan 3 Ramuan Herbal Ini

1. Antimikroba yang Ampuh

BACA JUGA: Kenali Tujuh Teh Herbal yang Bisa Menyembuhkan Penyakit

Teh Tulsi memiliki antibakteri yang tinggi (Staphylococcus, Bacillus, Pseudomonas, spesies Vibrio), antijamur (spesies Candida), antimikotik, antivirus, dan aktivitas antimikroba karena tingginya kadar flavonoid spesifik, terpenoid, dan asam fenolik seperti asam linoleat. Minum teh tulsi bisa meredakan infeksi bakteri, jamur, dan virus dalam sistem pernapasan, pencernaan, gigi, kulit, saraf, dan kemih. Ini juga bisa mengurangi peradangan di berbagai bagian tubuh Anda yang disebabkan oleh patogen ini.

2. Meredakan Stres, Kecemasan dan Insomnia

BACA JUGA: Kenali Manfaat 5 Jenis Teh Herbal untuk Kesehatan

Teh herbal seperti teh tulsi memiliki flavonoid (seperti eugenol) yang bisa menenangkan karena bekerja sebagai antidepresan, dan memicu produksi neurotransmiter yang bisa mengurangi kecemasan dan stres. Mengonsumsi teh tulsi sebagai bagian dari diet Anda bisa membantu Anda mengatur ritme sirkadian Anda, mengatur siklus tidur Anda, meningkatkan daya ingat dan kesadaran Anda, dan juga mencegah gangguan neurodegeneratif yang disebabkan oleh penuaan seperti Alzheimer.

BACA JUGA: 4 Manfaat Konsumsi Teh Hijau untuk Kesehatan

3. Melindungi Jantung Anda dan Mengatur Tekanan Darah

Asam ursolat dan turunannya yang hadir dalam daun tulsi telah menunjukkan sifat kardioprotektif. Fitokimia dalam teh ini mengurangi radikal bebas dalam darah, mencegah penumpukan turunan kolesterol pada dinding pembuluh darah (aterosklerosis), dan meningkatkan sirkulasi bebas gangguan, sehingga mengatur tekanan darah. Mineral seperti kalium dan kalsium dalam teh tulsi melindungi jantung Anda dari infark miokard, serangan iskemik, dan stres kimia dan oksidatif.

4. Mengobati Masalah Pernafasan

Kemangi/tulsi telah lama dikenal sebagai ramuan yang menyembuhkan masalah pernapasan seperti asma, bronkitis, dan radang paru-paru, bersama dengan pilek dan batuk biasa. Karena kandungan phytochemical anti-inflamasi seperti eugenol, camphene, dan cineole, teh ini berfungsi sebagai ekspektoran yang sangat baik, melepaskan dahak dan lendir yang dihasilkan sebagai hasil dari infeksi mikroba. Minum teh tulsi suam-suam kuku sering membantu dalam menjaga kesehatan pernapasan yang baik dan mencegah flu biasa memburuk menjadi penyakit pernapasan yang kompleks.

5. Membantu Pencernaan dan Menurunkan Berat Badan

Teh tulsi bisa merangsang produksi jus lambung sehingga makanan yang Anda konsumsi dicerna dengan sempurna dan cepat. Teh ini juga memiliki sifat anti-ulcerogenik, yaitu, menghambat sekresi pepsin yang tidak diinginkan dan peroksidasi lipid dan meningkatkan produksi lendir lambung dan sel-sel lendir dalam pertahanan. Memasukkan teh tulsi dalam diet Anda bisa menurunkan kadar kolesterol karena tindakan hipolipidemiknya. (fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ini Manfaat Hebat Teh Herbal untuk Kesehatan


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler