Ketahui Empat Mitos Seputar Kanker Kulit

Jumat, 19 Oktober 2018 – 22:40 WIB
Mengenali kanker kulit. Foto: Ilustrasi

jpnn.com - Apa sih yang Anda ketahui tentang kanker kulit? Mungkin beberapa di antara Anda hanya mengetahui bahwa kanker kulit merupakan penyakit yang disebabkan oleh sinar matahari dan hanya bisa menyerang orang-orang berkulit putih.

Bukan hanya itu saja, ada anggapan atau mitos lainnya dari kanker kulit yang beredar di antara kita. Apa saja sih? Berikut penjelasannya, seperti dilansir laman Sheknows, Kamis (18/10).

BACA JUGA: Seputar Mitos Tabir Surya, Jangan Salah Prioritas

Mitos No. 1: Semua kanker kulit adalah sama

Sementara sebagian besar dari kita mungkin akrab dengan melanoma, sel basal dan kanker kulit sel skuamosa juga menjadi perhatian dan dalam hal prognosis, kanker ini sangat berbeda.

BACA JUGA: Ini yang Perlu Anda Ketahui tentang Kanker Kulit

Rencana perawatan akan bervariasi tergantung pada jenis kanker kulit yang dimiliki seseorang, tetapi kabar baiknya adalah bahwa semua kanker kulit merespon dengan baik terhadap pengobatan ketika tertangkap dini.

Semua bentuk kanker kulit memiliki tingkat keberhasilan yang sangat tinggi dan dengan pengobatan yang efektif, apakah itu bedah, topikal, kemoterapi atau bahkan radiasi.

BACA JUGA: Waspadai Tanda-tanda Kanker Kulit Pada Tubuh Anda

Mitos No. 2: Orang berkulit gelap tidak berisiko

Terlepas dari nada kulit seseorang, siapa pun bisa mengembangkan kanker kulit. Meskipun mereka yang memiliki pigmen gelap memiliki risiko sedikit lebih kecil daripada individu berkulit terang, siapa pun benar-benar bisa mengembangkan kanker kulit dan harus melindungi diri mereka sendiri ketika di luar rumah.

Menurut Yayasan Kanker Kulit, mereka yang memiliki warna kulit lebih gelap masih memiliki risiko potensial untuk terkena kanker kulit. Dan sementara kanker kulit lebih umum pada orang-orang berkulit putih, orang kulit berwarna lebih mungkin untuk menerima diagnosis kanker kulit pada tahap selanjutnya ketika lebih sulit untuk diobati sesuai dengan studi tahun 2016 yang diterbitkan dalam Journal of American Academy of Dermatology, jadi pencegahan dan akses ke pemeriksaan kanker kulit yang efektif adalah kunci untuk semua orang.

Mitos No. 3: Kanker kulit berkembang cepat dan mudah dikenali

Sementara beberapa kanker kulit berkembang dengan cepat, yang lain tumbuh perlahan dari waktu ke waktu.

Beberapa kanker kulit berkembang dengan cepat selama beberapa minggu, tetapi yang lain mungkin lebih sulit dikenali. Sebagian besar kanker kulit menunjukkan tingkat pertumbuhan yang lambat dalam jangka waktu yang lebih lama.

Tanda-tanda pertumbuhan kanker kulit bisa halus. Anda mungkin mengalami pendarahan yang tidak bisa disembuhkan.

Selain itu, tidak semua lesi kanker kulit berwarna hitam atau coklat atau tampak seperti gambar yang paling sering kita lihat di media.

Lesi kanker kulit bisa berwarna merah muda dan mungkin juga memiliki penampilan bersisik atau seperti bekas luka.

Mitos No. 4: Tabir surya saja sudah cukup untuk mencegah kanker kulit

Meskipun tabir surya adalah langkah pencegahan penting, tabir surya mungkin tidak memberikan perlindungan penuh dari kanker kulit.

Sebagian alasan untuk ini mungkin aplikasi yang salah atau tidak memadai.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ini Gejala Kanker Kulit yang Mudah Terdeteksi


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler