Ketahui Manfaat Suplemen Kolagen untuk Tubuh

Senin, 18 Juni 2018 – 08:44 WIB
Kolagen yang disuntikan pada wajah. Foto: tampilcantik

jpnn.com - Kolagen adalah protein yang ditemukan di dalam tubuh Anda yang membentuk kulit, rambut dan kuku Anda.

Suplemen kolagen yang Anda beli berasal dari produk sampingan hewan mengandung asam amino, seperti prolin dan glisin, ditemukan di jaringan ikat, tulang rawan, tulang dan kulit Anda.

BACA JUGA: Manfaat Lain Kolagen untuk Kesehatan

"Tubuh manusia membutuhkan kolagen dan memproduksi secara alami, sehingga menambahkan suplemen kolagen tidak diperlukan," kata Nicole Osinga, RD, seperti dilansir laman MSN.

Osinga menjelaskan bahwa sekali kolagen dikonsumsi, itu tidak sepenuhnya diserap oleh tubuh Anda.

BACA JUGA: Kenali Penyebab Kehilangan Kolagen dalam Tubuh Anda

Sebaliknya, suplemen kolagen tersebut dipecah dalam sistem pencernaan Anda dan mengubahnya menjadi asam amino yang digunakan tubuh di mana pun mereka dibutuhkan.

Ini berarti bahwa hanya karena Anda mengonsumsinya, tidak berarti akan ada korelasi langsung untuk meningkatkan pertumbuhan tulang, kesehatan rambut dan memberi Anda kulit yang lebih baik.

BACA JUGA: Mengonsumsi Kolagen Baik Bagi Kesehatan Anda

Tetapi mungkin ada beberapa manfaat dari mengonsumsi kolagen secara teratur.

Berikut ada tiga penelitian yang telah membuktikan bahwa suplemen kolagen berpotensi memengaruhi kesehatan Anda dengan cara yang positif.

1. Kolagen Bisa Mencegah Kulit Menua

Sebuah studi tahun 2015 menemukan suplementasi oral peptida kolagen meningkatkan hidrasi kulit setelah diambil selama delapan minggu.

Mereka menemukan bahwa kepadatan kolagen di dermis telah meningkat secara signifikan dengan hasil yang terus berlanjut setelah tanda 12 minggu.

Studi lain menemukan bahwa elastisitas kulit menunjukkan peningkatan yang signifikan setelah mengambil peptida kolagen selama empat minggu.

Penelitian yang sama melaporkan pengaruh positif hidrolisat kolagen, tetapi data yang dikumpulkan tidak mencapai tingkat signifikansi statistik.

2. Bisa Meningkatkan Kesehatan

Kolagen hidrolisat berpotensi meningkatkan kepadatan mineral tulang, "memiliki efek protektif pada tulang rawan artikular," tetapi yang paling penting bisa memberikan efek pereda nyeri.

Sebuah studi 24-minggu yang berfokus pada nyeri sendi terkait aktivitas menemukan bahwa atlet yang diberi suplemen kolagen menunjukkan perbaikan pada nyeri sendi.

Para peneliti juga mencatat bahwa studi masa depan diperlukan untuk mendukung temuan ini.

Sebuah studi tahun 2015 menemukan bahwa peptida kolagen merupakan agen terapeutik yang potensial untuk mengelola osteoarthritis dan menjaga kesehatan sendi secara keseluruhan.

3. Bisa Mempromosikan Pertumbuhan Rambut

Penelitian menunjukkan bahwa kolagen bisa mendukung protein pembentukan rambut, yang sebagai imbalannya bisa mencegah kerontokan rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Lebih banyak penelitian diperlukan, tetapi tidak ada salahnya jika Anda mencoba memperkuat dan menumbuhkan rambut.

Kolagen masih terbilang baru, tetapi hasilnya tampaknya cukup menjanjikan meskipun lebih banyak penelitian tentang manfaat lengkap dan efek kolagen diperlukan.

Penting untuk dicatat bahwa pada 22 Februari 2018, suplemen kolagen tidak diatur oleh FDA.

Sebagai pengingat yang ramah, selalu berkonsultasi dengan dokter Anda ketika membuat perubahan pada suplemen dan diet Anda.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Kolagen  

Terpopuler