Ketahui Sederet Khasiat Air Lemon bagi Kesehatan

Kamis, 20 Agustus 2020 – 04:20 WIB
Air lemon (Ilustrasi). Foto: livestrong

jpnn.com - Ada banyak manfaat air lemon. Minuman ini dipercaya bisa meningkatkan metabolisme dan energi untuk beraktivitas sehari-hari. Beberapa penelitian juga telah membuktikan khasiat air lemon untuk kesehatan, di antaranya:

1. Meningkatkan Hidrasi

BACA JUGA: 7 Manfaat Air Lemon Bagi Kesehatan

Tubuh kita sebagian terdiri dari air. Air sangat dibutuhkan untuk menunjang sistem tubuh dapat berjalan dengan baik. Orang dewasa rata-rata membutuhkan sekitar 8 gelas per hari atau tergantung dari aktivitas dan lain-lain.

Namun, terkadang kebutuhan cairan tidak tercukupi karena beberapa orang tidak suka rasa air yang dinilai hambar.

BACA JUGA: Pengin Menurunkan Berat Badan? 4 Resep Teh Lemon Ini Patut Dicoba

Manfaat menambahkan air lemon dapat meningkatkan cita rasa pada air, sehingga dapat membantu Anda minum lebih banyak.

2. Menambah Imun Tubuh

BACA JUGA: 6 Efek Samping Minum Cuka Apel Berlebihan

Salah satu manfaat minum air lemon adalah dapat meningkatkan imunitas tubuh. Manfaat ini diperoleh dari kandungan vitamin C dalam air lemon. Seperti yang kita tahu, makanan dan minuman yang tinggi vitamin C dapat membantu meningkatkan imun tubuh.

Sebuah studi menyimpulkan, meskipun tidak dapat mengurangi flu, tetapi konsumsi vitamin C dapat mengurangi lamanya flu berlangsung.

Vitamin C juga dapat membantu menjaga imunitas tubuh bagi orang dengan aktivitas tinggi.

Setelah mengetahui manfaat air lemon yang satu ini, Anda dapat mencoba mencampurkan segelas hangat perasan lemon dengan madu saat flu.

3. Mengurangi Risiko Penyakit Kardiovaskular

Lemon kaya akan vitamin C, yang merupakan antioksidan untuk membantu melindungi sel dari radikal bebas. Karena kandungan inilah manfaat air lemon dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan strok, serta menurunkan tekanan darah.

Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat, satu buah lemon yang dijus mengandung 18,6 miligram vitamin C. Jumlah kebutuhan vitamin C harian untuk orang dewasa adalah sebanyak 65-90 miligram.

4. Mencegah Kulit Keriput 

Manfaat air lemon juga baik untuk kecantikan. Vitamin C, selaku antioksidan dalam lemon dapat membantu mengurangi kerutan kulit dengan cara menangkal radikal bebas.

Kulit keriput merupakan suatu tanda penuaan yang dapat dipercepat dengan paparan radikal bebas. Nah, orang yang mengonsumsi lebih banyak vitamin C memiliki risiko lebih sedikit mengalami kulit keriput dan kulit kering.

5. Menurunkan Berat Badan

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus menunjukkan, antioksidan polifenol yang ditemukan dalam lemon secara signifikan bisa mengurangi berat badan.

Dalam penelitiannya, tikus diberikan air lemon bersamaan dengan makanan berlebihan untuk memicu obesitas. Hasilnya, selain mengurangi penambahan berat badan pada tikus, air lemon ternyata memiliki efek meningkatkan resistensi insulin.

Dengan demikian, manfaat air lemon juga dapat menurunkan risiko diabetes. Namun, masih diperlukan penelitian yang sama terhadap manusia untuk kesimpulan yang lebih akurat.

6. Membantu Proses Pencernaan

Salah satu khasiat air lemon untuk kesehatan adalah dapat melancarkan proses pencernaan. Beberapa orang minum air lemon setiap pagi untuk membantu sistem pencernaan, terutama dalam mencegah sembelit.

7. Menghindari Bau Mulut

Minum segelas air lemon setelah makan dan di pagi hari dapat merangsang air liur, mencegah mulut kering, dan menghambat pertumbuhan bakteri sehingga dapat mencegah bau mulut.

8. Menghalangi Pembentukan Batu Ginjal

Senyawa asam sitrat dalam lemon cukup tinggi sehingga dapat menghambat pengkristalan batu ginjal.  Manfaat minum air lemon tidak hanya untuk mendapatkan asupan sitrat, tetapi juga untuk mendapatkan air yang sangat dibutuhkan sebagai pencegah terbentuknya batu.

9. Meningkatkan Penyerapan Zat Besi

Anemia ditandai dengan gejala sering pusing, merasa lelah, dan pucat. Jenis anemia yang paling umum terjadi adalah anemia defisiensi besi.

Konsumsi makanan yang tinggi akan vitamin C dan makanan tinggi zat besi dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi.

Namun perlu diingat, asupan vitamin C ditambah dengan suplemen zat besi memang dapat memicu masalah pencernaan. Sebaiknya, konsumsilah zat besi dari sumber makanan seperti hati sapi, kacang, bayam, dan lainnya.

Anda dapat menambahkan sedikit perasan lemon pada makanan Anda untuk memaksimalkan asupan zat besi dan juga vitamin C.

10. Mencegah Serangan Asma

Manfaat air lemon dapat dirasakan oleh penderita asma. Pasalnya, para peneliti menemukan bahwa vitamin C dapat mencegah serangan asma pada penderita.

Menurut penelitian yang dilakukan, penderita asma yang sedang mengalami gejala flu dan mengonsumsi vitamin C berisiko lebih kecil terkena serangan asma. Karena itu, penderita sangat direkomendasikan untuk minum air lemon saat sedang flu.

Begitu banyak manfaat air lemon untuk kesehatan, bukan? Jadi, jangan ragu untuk menambahkan air lemon ke dalam menu harian Anda.

Selain dibuat sebagai infused water, air lemon dapat ditambahkan ke dalam makanan seperti salad, daging steak, dan sup untuk memberikan rasa segar. Selamat mencoba!(WA/klikdokter)


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler