Keterlibatan Oknum Aparat di Pasar Narkoba Masih Tinggi

Selasa, 30 November 2010 – 18:36 WIB
JAKARTA - Pihak Mabes Polri menyebut, masih banyaknya peredaran narkoba di Indonesia, juga disebabkan oleh masih banyaknya keterlibatan oknum penegak hukum dalam dunia tersebutHal inilah yang membuat pemberantasan narkoba di Indonesia mengalami banyak kesulitan.

"Adanya keterlibatan oknum-oknum dalam sindikat narkoba, membuat menjadi suburnya masalah narkoba di tanah air," ujar Kadiv Humas Polri Irjen (Pol) Iskandar Hasan, usai peringatan ulang tahun The Habibie Center, di Jakarta, Selasa (30/11).

Selain itu, Iskandar menyebut, program pariwisata yang sedang digalakkan pemerintah, juga menjadi hal yang dilematis

BACA JUGA: Lagi, Mantan Kasir Langkat Diperiksa KPK

Di mana di satu sisi, banyaknya kunjungan wisatawan asing menambah devisa, namun di sisi lain juga (membuat) bertambah meluasnya pasar narkoba di Indonesia.

"Negara kita juga sedang menggalakkan masalah turisme
Indonesia menjadi destinasi turis, ini juga mengandung resiko mengalirnya juga para pelaku (perdagangan narkoba) ke sini

BACA JUGA: Mengusik Tahta Jogja dari Istana

Sambil dia berlibur, sambil dia berjualan," imbuh Iskandar.

Saat ini, tambah Iskandar, pemasok narkoba dari luar negri masih didominasi oleh jaringan sindikat dari negara-negara kawasan Bulan Sabit Merah dan Timur Tengah
"Kalau kita lihat, ya, Iran nomor satu (dari) hasil tangkapan kita

BACA JUGA: Ditjen Pajak Persempit Ruang untuk Koruptor

Berarti sindikasi Timur Tengah cukup tinggiYang kita tangkap ini pembawa-pembawanyaBig boss-nya tidak bergerak di siniAdanya di negara-negara tertentuMungkin perlu kerjasama internasional, (dengan) Interpol, DEA, dan sebagainya," papar Iskandar.

Namun demikian selain narkoba impor, hasil produksi dalam negeri juga diakui marakIni disebutkan Iskandar, dipicu juga oleh luasnya pasar narkoba dalam negeri"Kalau dilihat dari tempat yang kita tangkap, untuk memproduksi ada tempat produksiKalau kita lihat, memang sangat subur untuk pemasaranKenapa? Karena yang saya bilang tadi, ada turis, ada tempat-tempat hiburan yang banyakJadi selain ada destinasi, juga produksi," pungkasnya(zul/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Iran dan Malaysia Eksportir Terbanyak Narkoba ke Indonesia


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler