Ketua Dewas BPJS Kesehatan Sebut Program PESIAR Penting di Kota Kendari

Kamis, 25 Juli 2024 – 15:57 WIB
BPJS Kesehatan berkomitmen mempertahankan predikat Universal Health Coverage (UHC) demi memberikan perlindungan menyeluruh bagi seluruh masyarakat Indonesia. Foto: BPJS Kesehatan

jpnn.com, KENDARI - BPJS Kesehatan berkomitmen mempertahankan predikat Universal Health Coverage (UHC) demi memberikan perlindungan menyeluruh bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Upaya itu sejalan dengan sasaran Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 yang menargetkan 98% cakupan kepesertaan JKN pada 2024.

BACA JUGA: Kemenkes, KPK, BPKP dan BPJS Kesehatan Berkolaborasi Cegah Kecurangan di Program JKN

Ketua Dewan Pengawas BPJS Kesehatan, Abdul Kadir mengatakan salah satu strategi yang dijalankan adalah Program Petakan, Sisir, Advokasi, dan Registrasi (PESIAR).

Program itu melibatkan kolaborasi dengan perangkat daerah dan berbagai pemangku kepentingan terkait untuk memastikan bahwa upaya pencapaian cakupan JKN berjalan dengan optimal.

BACA JUGA: Pantai Gading Pelajari Pengelolaan Jamkes dari BPJS Kesehatan

"Salah satu tujuan utamanya adalah untuk mengidentifikasi dan menjangkau masyarakat, khususnya masyarakat desa yang belum terdaftar sebagai peserta JKN. Dengan melibatkan pemerintah daerah, tokoh masyarakat, serta Agen PESIAR, kami berharap dapat melakukan pemetaan data penduduk secara lebih akurat dan efektif," ujar Abdul Kadir saat kunjungan di Kelurahan Watu-watu, Kecamatan Kendari Barat, Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara pada Kamis (25/7).

Program PESIAR melibatkan serangkaian kegiatan yang meliputi pemetaan data penduduk, penyisiran wilayah berdasarkan hasil pemetaan, serta kegiatan advokasi dan sosialisasi.

BACA JUGA: Inilah Sejumlah Keunggulan Sistem KRIS BPJS Kesehatan

Melalui program ini, BPJS Kesehatan berusaha memastikan bahwa pendaftaran peserta JKN mencakup semua lapisan masyarakat, termasuk mereka yang tinggal di daerah terpencil dan sulit dijangkau.

Dengan pendekatan yang komprehensif, diharapkan seluruh masyarakat, tanpa terkecuali, dapat mendapatkan manfaat dari Program JKN.

"Per 30 Juni 2024, Kantor Cabang Kendari telah melibatkan 43 desa dan kelurahan dalam Program PESIAR, dengan bantuan 43 Agen PESIAR yang ditunjuk secara khusus. Di Kota Kendari, terdapat tiga kelurahan yang menjadi fokus utama Program PESIAR, yaitu Kelurahan Kemaraya, Watu-Watu, dan Puuwatu. Ketiga kelurahan ini didukung oleh tiga Agen PESIAR yang bertugas memastikan bahwa proses pemetaan, advokasi, dan pendaftaran peserta JKN berjalan dengan baik," kata Abdul Kadir.

Dia menekankan menjaga cakupan kepesertaan JKN bukanlah tugas yang mudah dan memerlukan lebih dari sekadar pelaksanaan Program PESIAR.

Selain upaya yang dilakukan melalui program ini, diperlukan juga dukungan dan inovasi dari pemerintah daerah.

Dia berharap pemerintah daerah dapat mengembangkan strategi tambahan untuk mendukung Program JKN dan mempercepat cakupan kepesertaan.

Sinergi antara BPJS Kesehatan, pemerintah daerah, dan masyarakat menjadi kunci penting dalam menjaga capaian UHC dengan cakupan di atas 98%.

"Untuk mempercepat pencapaian target UHC, kita harus terus membuka akses seluas-luasnya bagi masyarakat. Ini termasuk mempermudah akses ke fasilitas kesehatan serta menyederhanakan proses administrasi kepesertaan JKN," tambahnya.

Pj. Walikota Kendari, Muhammad Yusuf menyambut baik pemilihan Kelurahan Watu-watu sebagai lokasi pelaksanaan Program PESIAR.
Yusuf menyatakan program ini telah memberikan dampak positif dalam meningkatkan jumlah kepesertaan JKN di wilayahnya.

"Saya sangat mengapresiasi upaya BPJS Kesehatan dalam memilih Kelurahan Watu-watu sebagai salah satu lokasi Program PESIAR. Program ini tidak hanya meningkatkan jumlah peserta JKN, tetapi juga memperkuat sinergi antara BPJS Kesehatan dan pemerintah daerah," ujar Yusuf.

Yusuf juga menekankan pentingnya dukungan Agen PESIAR dalam memberikan informasi yang jelas kepada masyarakat mengenai Program JKN.

Harapannya, sinergi ini akan terus meningkatkan efisiensi dalam sinkronisasi data dan pengurusan administrasi kepesertaan JKN.

"Kehadiran Agen PESIAR sangat membantu kami dalam menyebarluaskan informasi tentang Program JKN dan mempermudah proses administrasi. Kami berharap kolaborasi ini dapat meningkatkan kualitas layanan serta mempermudah akses peserta terhadap layanan kesehatan yang mereka butuhkan," kata Yusuf.

Pada kesempatan tersebut, Agen PESIAR Kelurahan Watu-Watu, Iin Nurlian menyampaikan apresiasi kepada BPJS Kesehatan atas pencanangan Program PESIAR di wilayahnya.

”Hal ini memberikan kesempatan kepada kami untuk dapat berkontribusi terhadap kesehatan masyarakat banyak, khususnya di Kelurahan Watu-Watu. Harapannya kinerja Agen PESIAR dapat meningkatkan cakupan dan keaktifan peserta JKN," pungkasnya. (jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Sambangi ITS Surabaya, Dirut BPJS Kesehatan Pamer Inovasi Digital Program JKN


Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Dedi Sofian, JPNN.com

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler