Ketua DPR Usul Gubernur Ditunjuk Langsung oleh Mendagri

Selasa, 29 Desember 2009 – 02:04 WIB
JAKARTA - Ketua DPR Marzuki Alie melakukan lompatan ide yang cukup radikal terkait dengan model pemilihan gubernurDia mengusulkan agar Mendagri sebagai perpanjangan tangan pemerintah pusat menunjuk langsung sosok gubernur untuk suatu provinsi.
 
"Bisa diambil dari pejabat eselon satu," saran Marzuki Alie dalam diskusi di Kantor PB HMI, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Senin (28/12)

BACA JUGA: Bawaslu Minta KPU Hentikan Rekrutmen Calon Panwas Pilkada

Gagasan itu tergolong baru
Sebab, sampai seminggu lalu, Marzuki masih mendukung opsi mengembalikan pelaksanaan pilgub dari dipilih secara langsung oleh rakyat menjadi pemilihan di DPRD provinsi.
 
Tapi, Marzuki kini menilai model tersebut juga tidak ideal

BACA JUGA: Bawaslu Juga Tak Sependapat Gubernur Dipilih DPRD

Pemilihan di DPR sangat rawan untuk terjadi ajang tawar-menawar
Bahkan, money politics

BACA JUGA: Dualisme Panwas Bayangi Pilkada di Kalsel

"Jadi, nggak usah dipilih DPRD provinsi lahBanyak yang main jugaIni seperti memindahkan korupsi," ujarnya.
 
Menurut Marzuki, memberikan kewenangan kepada Mendagri untuk menunjuk gubernur sangat logis dan bukan kemunduran dalam berdemokrasiSebab, era otonomi daerah membuat wewenang gubernur menjadi kecilSeorang gubernur tidak menangani kepentingan rakyat secara langsung."Semua wewenang sekarang ada di level kabupaten dan kotaGubernur hanya mengoordinasikan para bupati dan wali kotaJadi, nggak perlu dipilih langsung," kata Marzuki

Apalagi, ongkos untuk menyelenggarakan pilgub secara langsung sangat mahalDia mencontohkan pilgub Jatim yang menyedot anggaran pemerintah hampir Rp 1 triliun"Itu belum termasuk dana kandidat," ujarnya.
 
Dia menambahkan, perlu juga dilakukan restrukturisasi terhadap dinas-dinas di level provinsiSebab, banyak yang fungsinya tumpang tindih dengan pemerintahan di level kabupaten dan kotaPadahal, itu membuka peluang korupsi di level daerah"Malah saya kira perangkat gubernur cukup 20 orang," katanya. (pri)

BACA ARTIKEL LAINNYA... PDIP Jabar Dukung Ayu Azhari jadi Cawabup


Redaktur : Antoni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler