Ketua Golkar Jabar Didakwa Rugikan Negara Rp4,1 Miliar

Selasa, 27 Januari 2015 – 11:00 WIB
Irianto MS Syafiuddin (Yance). Foto: Dokumen JPNN.com

jpnn.com - BANDUNG – Mantan Bupati Indramayu, Irianto MS Syafiuddin (Yance) mulai diadili, Senin (26/1) kemarin. Di sidang perdananya yang berlangsung di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Bandung, jaksa membacakan terdakwa kasus mark-up pembebasan lahan untuk pembangunan PLTU di Sumuradem.

Jaksa yang dipimpin Yuli Isnur SH mengatakan, akibat kasus ini, Yance telah merugikan negara sebesar Rp4,1 miliar. Kerugian tersebut, kata Yuli Isnur, karena nilai jual tanah yang seharusnya Rp22 ribu meter persegi, ternyata dijual Rp42 ribu per meter persegi.

BACA JUGA: Buron Setahun, Koruptor Bantuan TKI Ditangkap

“Dalam dakwaan primer saudara H Irianto Mahfud Syidik Syaffiudin alias Yance dijerat pasal 2 ayat (1) jo Pasal 18 UU 31/1999 tentang tindak pidana korupsi sebagaimana diubah dengan UU Nomor 20/2001, tentang perubahan atas UU nomor 31/1999 tentang tindak pidana korupsi Jo Pasal 55 ayat (1) ke 1-KUHP,” bebernya dilansir Radar Cirebon (Grup JPNN.com), Selasa (27/1).

Sementara subsider, sambung Yuli, Yance dijerat pasal 3 UU nomor 31/1999 tentang tipikor sebagaimana diubah dengan UU nom0r 20/2001 tentang perubahan atas UU UU nomor 31/1999 tentang Tipikor jo Pasal 55 ayat (1) ke 1-KUHP. Pembacaan surat dakwaan berlangsung selama satu jam, mulai pukul 10.30 hingga 11.30.

BACA JUGA: Mantan Wawali Tarakan Tersangka Judi

Yance datang ke Pengadilan Tipikor dari Rutan Kebon Waru Bandung sekitar pukul 10.00. Kedatangannya disambut ratusan massa pendukungnya yang meneriakan yel-yel pembebasan Yance.

Ketua Tim Pembela Yance, Khalimi SH, menjelaskan, kliennya tidak layak dijadikan sebagai terdakwa. Pengadaan tanah seluas 82 hektare untuk pembangunan PLTU merupakan proyek percepatan sesuai amanah Peraturan Presiden (Perpres) No 71 tahun 2006, tentang penugasan kepada PT PLN (Persero).

BACA JUGA: Dipecat dari Kepolisian, Eh...Malah Jadi Pengedar Upal Rp 12,2 Miliar

Dalam Perpres tersebut sesuai pasal 2 ayat (3) diperingatkan, semua perizinan menyangkut amdal, bahwa pembebasan dan kompensasi jalur transmisi dan proses pengadaan tanah harus diseleasikan dalam jangka waktu paling lama 120 hari oleh instansi/pejabat terkait yang berwenang sejak pertama kali diajukan.

Bila proyek lambat dikerjakan, akan terjadi pemadaman listrik di Pulau Jawa dan Bali, kemudian PLN akan menderita kerugian Rp27 miliar per harinya. Pengadaan tanah tersebut akhirnya sukses.

Menurut Khalimi, suksesnya pengadaan tanah tersebut mendapat apresisasi dari berbagai pihak, salah satunya Wakil Presiden Jusuf Kalla.

“Jadi, Pak Yance yang didakwa Pasal 2 ayat (1) Pasal 3 dan Pasal 18 UU nomor 31 Tahun 1999 jo UU Nomor 20 tahun 2001 tentang tindak pidana korupsi jo pasal 55 ayat (1) KUHP, tidak layak menjadikan Pak Yance sebagai terdakwa dengan berbagai alasan,” jelasnya usai sidang.

Alasan tersebut, lanjut Khalimi, bahwa dalam dokumen autentik yakni putusan Mahkamah Agung (MA), yang sudah memperoleh kekuatan hukum tetap (inkracht van gewisjde) terhadap Drs H Moch Ichwan MM, selaku wakil ketua panitia pengadan tanah dan Deddy Haryadi SH, selaku sekretaris. Memvonis lepas dari segala tuntutan hukum (ontslag van alle rechsvervolging), yakni No 1449 K/Pid. Sus/2011 tanggal 3 April 2012 untuk Moch. Ichwan dan No. 1448 K/Pid.Sus/2011 tanggal yang sama untuk Deddy Haryadi.

“Dengan demikian tidak ada keterlibatan saudara Yance yang berkedudukan sebagai ketua panitia pengadaan tanah untuk kepentingan PLTU Sumuradem. Karena sudah menjadi asas hukum pertanggungjawaban pidana adalah bersifat individual,” papar Khalimi, didampingi kuasa hukum lainnya.

Dijelaskan Khalimi, dalam tiga putusan MA tersebut, tidak ada uraian dakwaan untuk membidik Yance sebagai subjek hukum secara bersama-sama dengan Drs Moch Ichwan, Deddy Haryadi dan Agung Rijoto. Karena konstruksi dakwaan penuntut umum hanya ditujukan kepada tiga orang tersebut. Fakta otentik ini membuktikan bahwa Yance tidak dapat dibidik Pasal 55 ayat (1) ke KUHP.

“Putusan MA telah mengabsahkan penggunaan SK Bupati Indramayu Nomor 593.05/Kep.1051-Disnah/2004 tanggal 17 2004, tentang pembentukan panitia pengadaan tanah bagi pelaksanaan pembangunan untuk kepentingan umum di Kabupaten Indramayu yang mendasarkan pada keputusan Presiden RI Nomor 55 tahun 1993 tentang pengadaan tanah bagi pelaksanaan pembangunan untuk kepentingan umum,” terangnya.

“Begitu pula telah menganggap wajar tentang pengalihan hak atas tanah HGU No 15/Sumuradem dari PT Wiharta Jarya Agung kepada sadara Agung Rijoto melalui akte notaris,” tambah Khalimi.

Seperti diketahui, Ketua DPD Partai Golkar Jabar itu ditahan di Rumah Tahanan Salemba cabang Kejaksaan Agung sejak 5 Desember 2014. Namun baru 8 hari Yance harus dipindahkan ke Kejati Jabar karena berkasnya dinyatakan lengkap.(kom/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pulangkan TKW Ilegal di Malaysia, Risma Tebus Rp 11 Juta


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler