Ketua MPR: Islam harus Bangkit dari Nusantara

Jumat, 26 Februari 2016 – 17:15 WIB
Ketua MPR Zulkifli Hasan. FOTO: dok/jpnn.com

jpnn.com - JAKARTA - Ketua MPR Zulkifli Hasan mengingatkan umat Islam untuk menguasai dua hal, yaitu ilmu dan teknologi, dan ekonomi.  "Tanpa menguasai dua ilmu teknologi dan ekonomi, kita akan terus tertinggal dari bangsa lain," ujar Zulkifli Hasan ketika membuka acara Jambore Nasional (Jamnas) V Pelajar Persatuan Islam (Persis) di lapangan Kiarapayung di Bumi Pramuka Jatinangor, Sumedang, Jumat pagi, (26/2).

Jamnas V Pelajar Persis berlangsung 26-28 Februari diikuti sekitar seribu santri dari seluruh pondok pesantren Persis seluruh Indonesia, dan sekitar 200 mahasiswa santri Persis. Jamnas ini mengambil tema Dari Persis untuk bangsa, mencetak generasi emas menuju satu abad Persis.

BACA JUGA: Selamat dari Kejaran Norwegia, tapi Takluk Hadapi TNI

Untuk itu Zulkifli mengajak para santri peserta Jamnas betul-betul fokus untuk menguasai ilmu-teknologi dan menguasai ekonomi tersebut. 

Menurutnya, agar fokus mengejar dua hal itu, untuk sementara masyarakat harus berhenti bertengkar, berhenti mencari perbedaan, dan di era persaingan  bebas ini kita harus bersatu dan mencari persamaan.

BACA JUGA: Pejabat MA Bungkam saat Diperiksa, tapi Janji Buka-bukaan di Persidangan

Ketua MPR  yang mengaku pernah menjadi aktifis Dewan Dakwah menegaskan, kalau sudah menguasai ilmu teknologi, menguasai ekpnomi maka masyarakat bisa merebut kekuasaan. "Kekuasaan itu harus direbut, tidak bisa diminta," kata Zulkifli menegaskan.

Zulkifli  lalu mencontohkan dunia  Islam pernah berjaya 700 tahun lalu, namun dunia barat dan juga  Amerika Serikat,  kemudian menyusul Korea Selatan dan Tiongkok terus mengembangkan ilmu dan teknologi, serta kemajuan ekonominya sehingga mereka dapat menggeser kejayaan dunia Islam.

BACA JUGA: MKD Ogah Diseret ke Dalam Pusaran Konflik Beringin

Tapi, Zulkifli yakin dengan pendapat yang mengatakan bahwa  Islam akan bangkit dari Nusantara,  Tanda ke arah itu, menurut Zulkifli, sudah ada. Negara-negara   Timur Tengah yang kaya sumber daya alam terjadi persengketaan, dan gaduh. 

"Oleh karena itu mau tidak mau Islam harus bangkit dari Nusantara," ujar Zulkifli Hasan optimistik.

Karena itu, Zulkifli mengingat  umat Islam, khusus para peserta Jamnas, bahwa mereka tidak punya waktu lagi untuk berleha-leha dan bermalas-malasan. "Sebab kalau kita bermalas-malasan maka orang akan meninggalkan kita," ujar Zulkifli Hasan. (mas/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Daeng Azis Dibekuk, Pengacara Jadi Sibuk


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler