Ketua MPR Puji Peran Muhammadiyah Tangani Bencana

Kamis, 01 September 2016 – 17:10 WIB
Zulkifli Hasan menerima cenderamata dari pengurus Muhammadiyah, Hajriyanto Y Thohari. Foto: Humas MPR

jpnn.com - JAKARTA - Ketua MPR RI Zulkifli Hasan memuji peran serta Muhammadiyah dalam penanganan bencana di berbagai daerah, terutama memberikan bantuan kepada para korban terdampak.

Hal ini disampaikan Zulkifli, ketika membuka seminar dan lokakarya nasional yang diadakan Lembaga Penanggulangan Bencana Muhammadiyah (Muhammadiyah Disaster Management Center/MDMC). 

BACA JUGA: PKS Ogah Izinkan Napi Hukuman Percobaan Jadi Calon Kepala Daerah

Zulkifli berharap peranan MDMC bisa ditingkatkan. Apalagi lembaga ini telah membangun manajemen krisis untuk menghadapi tingkat kerawanan bencana di berbagai daerah yang cukup tinggi.

"Kita harus memiliki manajemen yang baik untuk menangani bencana agar bisa melakukan penanggulangan secara efektif, efisien dan bersifat segera," ujar Zulkifli di gedung Nusantara V, kompleks Parlemen, Jakarta (1/9).

BACA JUGA: Divonis Tiga Tahun, Kubu Ariesman: Satu Hari Saja pun Berat

Menurutnya dilihat dari berbagai perspektif, manajemen bencana sangat diperlukan untuk memberi dukungan moral bagi para korban bencana, terutama dari segi psikologis agar tidak mengalaim traumatik.

"Sudah sangat tepat Muhammadiyah memiliki kepedulian untuk ikut ambil bagian dalam penanggulangan bencana. Ini sesungguhnya merupakan bagian tak terpisahkan dari implementasi konsepsi dakwah amar ma'ruf nahi munkar yang menjadi landasan," puji mantan Menteri Kehutanan itu.

BACA JUGA: Tolong…Kekerasan Terhadap Anak Sudah Darurat

Ketua Umum PAN ini juga menyambut baik kehadiran rumah sakit siaga yang didirikan Muhammadiyah, yang dikhususkan untuk penanganan korban bencana. (fat/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ngeri, Sudah Sebanyak Ini Anak-Anak di Bisnis Prostitusi Khusus Gay


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler