KNPI Kecam Pembakaran Kantor KPU Papua Pegunungan

Rabu, 14 Agustus 2024 – 16:12 WIB
DPP Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) mengecam peristiwa pembakaran kantor KPU Papua Pegunungan. Ketua Bidang Politik DPP KNPI Aridho Pamungkas minta kepolisian secepatnya menangkap aktor intelektual. Foto: KNPI.

jpnn.com - JAKARTA - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) mengecam kasus pembakaran Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Papua Pegunungan yang terletak di Jalan Hom-Hom, Wamena, pada Rabu (14/8) sekitar pukul 07.30 WIT.

Menurut Ketua Bidang Politik DPP KNPI Aridho Pamungkas pembakaran Kantor KPU Papua Pegunungan menjadi sinyal kerusuhan berpotensi terjadi di tanah Papua pada momen Pilkada 2024.

BACA JUGA: PDI Perjuangan Umumkan Kandidat di Pilkada 13 Provinsi, Ini Nama-Namanya

Karena itu KNPI mendesak agar aparat keamanan segera menangani peristiwa tersebut sebaik mungkin.

Sebab, Pilkada 2024 merupakan pilkada pertama di Provinsi Papua Pegunungan.

BACA JUGA: Megawati Bakal Buat Pengumuman Soal Pilkada 2024 Hari Ini, Begini Infonya

Artinya, menjadi kunci awal demokrasi berjalan baik. Demokrasi yang mengedepankan kesejukan, antikerusuhan, berlangsung dengan baik (free dan fair).

“Karena ini pengalaman pertama, Pemerintah Provinsi Papua Pegunungan jangan takut dengan gerakan separatis yang berusaha masuk menjelma di kepentingan pilkada,” ujar Aridho dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (14/8).

BACA JUGA: Sanggupkah Kader PDIP Memberikan 3 Permintaan Megawati Ini?

Aridho juga menilai momen pilkada di Papua Pegunungan harus menjadi atensi khusus Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) untuk memerintahkan jajarannya lebih ketat memetakan pengamanan Pilkada.

“DPP KNPI meminta kepada pihak kepolisian untuk secepatnya menangkap aktor intelektual pembakaran di kantor KPU Provinsi Papua Pegunungan. Demi menunjukkan kepada publik bahwa kepolisian berkomitmen menjadi garda terdepan pengamanan pilkada di Indonesia,” kata Aridho. (gir/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!

BACA ARTIKEL LAINNYA... KPU Persiapkan Pemeriksaan Kesehatan Bakal Calon Kepala Daerah


Redaktur & Reporter : Kennorton Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler