Koalisi Papua Cerdas Tolak Hasil Pilkada

Selasa, 10 Juli 2018 – 18:18 WIB
Koalisi Papua Cerdas menggelar konferensi pers bersama relawan dan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Papua John Wempi Wetipo-Habel Melkias Suwae di Jayapura, Selasa (10/7). Foto: Charlie Lopulua/Indopos/JPNN

jpnn.com, JAYAPURA - Koalisi Papua Cerdas menolak hasil Pilkada Papua 2018 yang dinilai penuh dengan praktik kotor.

Ketua Koalisi Papua Cerdas Edoardus Kaize mengatakan, pihaknya menyesalkan adanya dugaan kecurangan dalam pilkada.

BACA JUGA: Masyarakat Papua Diminta Tunggu Hasil Perhitungan Suara KPU

Edoardus menyampaikan hal itu saat menggelar konferensi pers bersama relawan dan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Papua John Wempi Wetipo-Habel Melkias Suwae di Jayapura, Selasa (10/7).

“Kami menyatakan dukacita yang mendalam atas kematian demokrasi di Provinsi Papua akibat terjadinya praktik-praktik kotor dan curang yang mengkhianati suara rakyat,” kata Edoardus.

BACA JUGA: Ini Dua Sosok Pimpinan Kelompok Pengacau Pilkada di Papua

Dia juga mendesak Bawaslu untuk menindaklanjuti laporan-laporan pelanggaran yang sudah disampaikan oleh Koalisi Papua Cerdas.

Selain itu, Edoardus juga meminta panwaslu kabupaten bertindak tegas dan independen dalam mengambil keputusan.

BACA JUGA: Pilkada Susulan di Papua Tergantung Hasil Analisa Polri

“Kami pasti menerima apa pun hasil pemilukada gubernur dan wakil gubernur sepanjang dilaksanakan dengan cara-cara yang jujur adil dan beradab,” tambah Edoardus.

Pihaknya juga mendesak DPR RI membuat regulasi pengganti penggunaan sistem noken atau ikat suara.

Menurut Edoardus, sistem itu selalu dimanfaatkan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab demi meraih keuntungan pribadi.

Edoradus juga menyampaikan apresiasi kepada pendukung, simpatisan, dan relawan pasangan John Wempi Wetipo-Habel Melkias Suwae yang sudah bekerja keras.

Tidak hanya itu, dia juga berterima kasih kepada komisioner KPU dan Bawaslu Papua yang baru.

“Untuk itu, kami mengajak komisoner KPU dan Bawaslu Provinsi Papua yang baru dan semua pihak yang masih punya hati untuk bergandengan tangan memperbaiki dan membangun kehidupan berdemokrasi di Provinsi Papua yang lebih sehat, bermartabat, dan beretika,” tambah Edoardus.

Dia juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh rakyat Papua dan 932.008 warga yang memilih John Wempi Wetipo-Habel Melkias Suwae pada Pilkada Papua 2018.

“Kami tetap mengharapkan dukungan Bapak, Ibu, Saudara, dan Saudari sekalian agar bersama-sama mengawal proses demokrasi dan pembangunan di Provinsi Papua yang adil dan beradab,” kata Edoardus. (jos/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Wakapolri: Tak Ada yang Sempurna Kecuali Tuhan


Redaktur & Reporter : Ragil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler