Kobarkan Semangat Pluralitas

Jumat, 25 Desember 2009 – 13:54 WIB
Komuni Kudus : Para jemaat Gereja Kathedral, Jakarta Pusat, mengikuti prosesi Komuni Kudus, sebelum Misa Natal, Jumat 25/12) tadi. FOTO : Zulhakim/JPNN

JAKARTA—Ribuan umat Kristiani, memadati Gereja Kathedral, Jakarta Pusat, Jumat (25/12)Mereka datang dalam gelombang-gelombang besar, mengikuti rangkaian Misa Natal, yang digelar beberapa sesi sejak pagi hingga sore hari.

Mereka berasal dari Jakarta dan sekitarnya, yang khusus hadir merayakan hari lahir Yesus Kristus itu.Tak hanya warga Indonesia, warga asing, yang kebetulan berada di Indonesia, juga nampak mengikuti misa di gereja tua itu.

Misa pertama digelar sekitar pukul 06.00 Wib

BACA JUGA: Keluarga Baridin Terkejut dan Sedih

Silih berganti, umat nasrani bergiliran memadati rumah ibadah itu
Sejak misa sore Kamis (24/12) lalu, rangkaian perayaan Natal ini terbilang lancar.Tak ada gangguan keamanan berarti

BACA JUGA: 11 Orang Diculik, 30 Hilang

Bahkan untuk hari ini, tak nampak pemeriksaan ekstra di pintu masuk gereja seperti hari sebelumnya.

Bahkan, para personil gabungan TNI/Polri, Pol PP dan Pamdal Gereja, nampak lebih santai
Mereka hanya bersiaga di sekitar lokasi acara, sambil memperlancar arus lalu-lintas

BACA JUGA: 95% Restoran Tak Bersertifikat Halal

Kardinal Julius Darmaatmaja, usai memimpin ibadat menyampaikan peasn-pesan natalDijelaskan untuk tahun ini, tema pluralitas diusungDimana selain kedamaian umat kristiani diminta menjadi jalan kebaikan bagi sesama.

''Allah itu baik, kepada semua, maka kita harus juga baik kepada semuanya,'' ujar kardinal, dihadapan sejumlah wartawan.

Tema ini kemudian ujarnya, membawa pesan dan semangat pluralitas yang harus disampaikan dan dibawa seluruh umat kristiani dimanapun mereka berada''Ini juga yang saya sampaikan tadi (dalam Misa),'' tambahnyaSemangat ini terangnya, penting sebagai perekat keutuhan persatuan bangsa Indonesia yang heterogenMelalui kesempatan itu pula, petinggi umat katolik itu, mengucapkan terima kasihnya kepada pemerintah dan aparat keamanan yang telah menjamin kenyamanan selama berlangsungnya acara.

''Umat mengucapkan terima kasih mendapatkan perhatian pemerintah,'' tambahnya.

Hingga siang ini, misa masih berlangsung penuh khidmatIni bersamaan dengan pelaksanaan ibadah shalat Jumat, yang dilakukan ribuan umat muslim di masjid Istiqlal, yang berada persis di depan gereja bersejarah itu.(zul)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Listrik Byar-Pet Hingga Akhir Januari 2010


Redaktur : Auri Jaya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler