Kobe Bryant Butuh Istirahat

Delapan dari 10 Laga Terakhir Jeblok

Selasa, 26 Januari 2010 – 01:09 WIB
Foto: Internet.
TORONTO - Kobe Bryant juga manusiaPebasket pemegang gelar MVP (Most Valuable Player) NBA musim 2008-2009 itu, juga bisa cedera seperti pemain lain

BACA JUGA: Ciro Ferrara Semakin Terdesak

Dalam kondisi tidak fit, pemain berjuluk Black Mamba itu juga harus diistirahatkan.

Masalahnya, ketergantungan klubnya, Los Angeles Lakers, kepadanya sangat tinggi
Akibatnya, Kobe masih dipaksa bermain dengan telunjuk kanan berbalut penahan gerak

BACA JUGA: Armstrong Sulit Kalahkan Contador

Tulang telunjuk Kobe memang retak dalam pertandingan melawan Utah Jazz pada Desember lalu.

Sejak mengalami cedera itu, praktis penampilan Kobe labil
Dalam satu pertandingan, dia bisa tampil eksplosif seperti ketika dia tidak cedera

BACA JUGA: Ciputra: DBL Basket Entrepreneur

Namun, di game berikutnya dia drop.

Buktinya, dalam 10 game terakhir, kondisi Kobe sepertinya makin parahDalam delapan di antara 10 laga itu, persentase tembakan Kobe tidak sampai 50 persenBahkan, dalam tiga game terakhir dia cuma mencapai rata-rata 32,4 persen (24 dari 74).

Akibatnya, dari tiga game itu, Lakers kalah dua kaliTermasuk saat bertandang ke Toronto Raptors, Senin (25/1) kemarin WIBLakers kalah tipis 105-106Meski masih mampu mencetak 27 poin dengan tambahan 16 rebound yang merupakan catatan tertingginya, serta enam assist, Kobe tetap tak mampu mengangkat penampilan timnyaTembakan tiga angkanya bersamaan dengan buzzer pun gagal membuahkan poin.

Kondisi itu jelas menunjukkan bahwa sang bintang butuh istirahatSangat beresiko bagi Lakers untuk memaksakan dia terus bermain, demi mengamankan peringkat pertama wilayah baratSebab, itu beresiko membuat Kobe tidak siap untuk berlaga di playoff, di mana tentunya Lakers akan menghadapi lawan yang lebih berat.

"Saya sudah berpikir tentang hal itu (istirahat)Saya mendapatkan keretakan di dua tempat (jari)," ujar Kobe kepada Associated Press.

Namun, pemain yang sudah empat kali menyumbangkan empat cincin juara untuk Lakers itu menolak untuk diistirahatkan"Saya bisa saja tetap bermain dan membiarkannya sembuh dengan sendirinyaJika kembali terkena hantaman, tak akan retak, hanya terasa sakitPenyembuhan juga akan sama (lamanya), jika saya tak main," jelasnya.

Pelatih Lakers Phil Jackson juga mendukung keteguhan hati KobePelatih yang telah merasakan manisnya gelar juara NBA sebanyak 10 kali itu menyatakan akan terus memainkan Kobe"Dia (Kobe) sudah melakukan banyak hal di lapanganDia memberikan banyak kesempatan untuk semua rekannya," katanya.

Kemauan keras Kobe itu akan diuji dalam lima laga ke depan, ketika Lakers melanjutkan delapan partai away beruntunTiga sudah dilalui dengan kekalahanJika lima yang tersisa Lakers kembali menuai hasil negatif, besar kemungkinan baik Kobe maupun Jackson akan mengubah sikapnya.

Toh, memaksakan Kobe terus main dengan penampilan labil tidak akan menjamin Lakers aman di puncak klasemen sementara wilayah baratSebab, tim peringkat kedua, Denver Nuggets, kini hanya terpaut tiga game saja dengan merekaDengan 38 laga tersisa, Nuggets masih memiliki banyak kesempatan untuk merebut home court advantage dari LakersApalagi, Nuggets sedang hot sejak duet Chauncey Billups dan Carmelo Anthony pulih dari cederaDalam enam laga terakhir, mereka selalu menang(ady/ang)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mourinho Menanti Kado Ultah


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler