Kolesterol Tinggi, Turunkan dengan Konsumsi 6 Minuman Sehat dan Nikmat Ini

Rabu, 02 Februari 2022 – 02:04 WIB
Ilustrasi delima. Foto: Pixabay

jpnn.com, JAKARTA - KOLESTEROL tinggi merupakan salah satu sinyal berbahaya untuk kesehatan tubuh.

Karena kolesterol tinggi bisa memberi dampak buruk pada kesehatan jantung.

BACA JUGA: 3 Hal Ini Bantu Turunkan Kolesterol Tinggi

Untuk mengatasi kolesterol tinggi, beberapa obat bisa membantu Anda mengatasinya.

Selain itu, beberapa minuman sehat ternyata juga bisa mengatasi atau menurunkan kolesterol tinggi.

BACA JUGA: Asam Lambung Naik, Turunkan dengan 4 Jenis Minuman Ini

Apa saja jenis minuman itu? Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip laman Twigscafe.

1. Jus cranberry

BACA JUGA: 3 Makanan Kaya Lemak yang Justru Ampuh Turunkan Kolesterol Tinggi

Sebuah penelitian menunjukkan, jika Anda minum jus cranberry dua kali sehari, kamu bisa meningkatkan kolesterol HDL sambil menurunkan kolesterol LDL jahat, semua berkat antioksidan kuat cranberry.

2. Jus jeruk

Jus buah jeruk juga merupakan minuman penguat antioksidan baik yang bisa bermanfaat bagi kesehatan jantung dan menurunkan kadar kolesterol.

Anda bisa memeras jeruk/lemon ke dalam air dan memasukkan irisan dengan kulitnya juga untuk mendapatkan manfaat terbaik.

3. Anggur merah

Anggur merah berbeda dari minuman beralkohol lainnya karena sifat antioksidannya yang kuat dan menjadikannya satu-satunya minuman beralkohol dalam daftar ini.

Studi menunjukkan, konsumsi anggur merah dalam jumlah sedang tidak hanya bisa menurunkan kolesterol LDL, tetapi juga mencegah penyakit jantung koroner dan mencegah pembekuan darah.

Anggur merah mengandung sejumlah besar senyawa polifenol seperti resveratrol, anthocyanin, dan catechin.

Resveratrol, khususnya, adalah senyawa paling efektif yang telah terbukti menurunkan kolesterol LDL secara signifikan karena sifat antioksidannya.

Konsumsi alkohol yang berlebihan bisa menyebabkan beberapa penyakit kronis.

Jadi, minum dalam jumlah tertentu (5 ons/148 mL anggur) setiap hari untuk mendapatkan manfaat dan mengurangi risiko berkembangnya penyakit lain.

4. Jus anggur

Bila Anda ingin menghindari alkohol, tetapi ingin tetap mempertahankan manfaat penurun kolesterol dari anggur merah, jus anggur adalah alternatif terbaik di luar sana.

Jus anggur mengandung flavonoid, antioksidan kuat yang mencegah oksidasi kolesterol 'LDL', dan meningkatkan kadar kolesterol 'HDL'.

Ini juga membantu menjaga tekanan darah yang sehat. Konsumsi jus anggur merah dan ungu tua karena ini cenderung lebih tinggi antioksidan daripada anggur putih atau hijau.

5. Jus ceri tart

Jus ceri tart juga menunjukkan manfaat yang menjanjikan untuk menurunkan kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung.

Konsumsi jus ceri asam setiap hari bisa menurunkan kolesterol LDL dan tekanan darah secara signifikan untuk membantu Anda kembali sehat.

Namun, saat memilih jus ceri asam, pilih saja varietas tanpa pemanis, atau Anda akan kehilangan manfaat yang seharusnya kamu dapatkan darinya.

6. Jus delima

Sifat antioksidan dalam jus delima jauh lebih tinggi daripada jus buah lainnya, termasuk blueberry, cranberry, dan jeruk.

Ini mengandung antioksidan hampir tiga kali lebih banyak daripada teh hijau atau anggur merah, menjadikannya minuman alami yang sempurna untuk menurunkan kadar kolesterol.

Jus kaya antioksidan ini tidak hanya membantu menurunkan kolesterol LDL, tetapi juga mengurangi kerusakan pembuluh darah dan mencegah pengerasan pembuluh darah.

Sebuah penelitian menunjukkan mengonsumsi jus delima pekat secara signifikan mengurangi kadar kolesterol total pada pasien diabetes tipe 2.

Dalam penelitian lain, minum jus delima selama delapan minggu menunjukkan dampak positif pada tekanan darah, trigliserida serum, dan kolesterol HDL.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler