Komisi III DPR Segera Bahas Indikasi Jokowi Langgar UU Polri

Minggu, 18 Januari 2015 – 17:03 WIB
Wakil Ketua Komisi III DPR, Desmond J Mahesa. Foto: Dokumen JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Wakil Ketua Komisi III DPR Desmond J Mahesa mengatakan, komisinya akan menggelar rapat pembahasan penundaan pelantikan Komjen Budi Gunawan sebagai Kapolri dan pengangkatan Wakapolri Komjen Pol Badrodin Haiti sebagai Plt Kapolri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Rapat ini menjadi penting karena ada dugaan pelanggaran UU yang dilakukan oleh Presiden Jokowi.

"Ini ada indikasi pelanggaran yang dilakukan dan kami melakukan rapat itu Senin 19 Januari untuk menentukan sikap kami terkait hal ini," kata Desmond ketika dihubungi wartawan, Minggu (18/1).

BACA JUGA: Nama-nama Ini Seharusnya Dipertimbangkan jadi Wantimpres

Menurut Ketua Panja Penegakan Hukum DPR itu, para politikus di Senayan heran dengan langkah Jokowi yang tidak memahami hukum, utamanya UU Nomor 2 tahun 2002 tentang Polri.

Menurut Desmond, seharusnya Jokowi tidak langsung memberhentikan Sutarman, tapi menunda pelantikan Komjen Budi Gunawan sebagai Kapolri, dengan mengangkat Badrodin Haiti sebagai Plt Kapolri.

BACA JUGA: Terikat Seat Bealt, Dua Jenazah Ditemukan Mengapung di Selat Karimata

"Terlihat jelas Jokowi tidak memahami aturan dan UU Nomor 2 tahun 2002 tentang Polri. Dia tidak bisa seenaknya membatalkan hasil persetujuan DPR dan kemudian mengambil langkah mengangkat Plt Kapolri tanpa persetujuan DPR," jelasnya.

Rapat Komisi III ini nantinya akan memutuskan apakah perlu dilakukan pemanggilan terhadap presiden atau menggunakan hak interpelasi atau hak bertanya kepada presiden.

BACA JUGA: Begini Suasana Hati Mega Saat Dengar Budi Gunawan jadi Tersangka

"Ini penting agar masyarakat tahu apa alasan Jokowi melakukan itu semua. Sebenarnya tidak ada masalah kalau Jokowi langsung melantik Budi Gunawan, tapi Jokowi justru membuat masalah sendiri sehingga yang kecil pun terlihat menjadi besar," imbuhnya.(fas/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ini Alasan Klasik Bandar Narkoba Hindari Hukuman Mati


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler