Komisi IV Kecewa dengan Kinerja Dekin

Senin, 17 Mei 2010 – 13:33 WIB
JAKARTA - Komisi IV DPR RI mengaku kecewa dengan kinerja Dewan Kelautan Indonesia (Dekin)Dekin dinilai tidak ada gaungnya dan diam di tempat

BACA JUGA: Komisi V Paling Malas Rapat di Gedung Dewan

Padahal menurut DPR, banyak masalah kelautan yang terjadi di Indonesia
Sebut saja antara lain pencemaran laut akibat kegiatan penambangan, illegal fishing, dan lain sebagainya.

"Di mana Dekin ketika masalah pencemaran laut oleh PT Freeport semakin besar? Dekin hanya untung besar di strukturnya saja, di mana anggotanya para menteri

BACA JUGA: Endin Setahun Tiga Bulan, Udju Dua Tahun

Sementara kerjanya tidak ada," kata Markus Nari, anggota Komisi IV, dalam rapat kerja (raker) dengan Ketua Harian Dekin, Fadel Muhammad, Senin (17/5).

Kritikan serupa diungkapkan oleh Zaini Rahman
Dia meragukan kalau program kerja Ketua Harian Dekin untuk mengangkat sektor kelautan bisa tercapai

BACA JUGA: Setgab Bukan Forum Pengambil Keputusan

"Karena anggota Dekin yang didominasi para menteri, saya rasa Ketua Dekin jadi sulit melakukan koordinasiKalau menurut saya, fungsi Dekin harus diperjelas dan fokus pada kebijakan makro saja," cetusnya.

Anggota Komisi IV lainnya, Anton Sihombing, juga mempertanyakan maraknya kejahatan laut yang seolah tidak tersentuh oleh DekinDemikian juga monopoli perusahaan untuk usaha kelautan yang dilakukan PT Pelindo"Saya lihat, PT Pelindo makin menguasai pelabuhanDekin harus bertindak terhadap masalah iniJangan dibiarkan," tegasnya.

Jika fungsi Dekin tidak bisa maksimal, ketiga anggota dewan itu pun mengusulkan agar (Dekin) dibubarkan saja"Jangan hanya mau jadi pengurus saja, tapi kerjanya tidak adaKalau sudah begitu, lebih baik dibubarkan saja," kata Markus, yang diiyakan oleh anggota Komisi IV lainnya(esy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Putra SBY Makin Matang Soal Politik


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler