Komisi X DPR Setujui Pagu Anggaran Perpusnas Rp 723 Miliar

Jumat, 02 September 2022 – 19:50 WIB
Wakil Ketua Komisi X DPR Abdul Fikri Faqih pada saat rapat dengar pendapat dengan Kepala Perpusnas, di DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (2/9). Foto: dok DPR

jpnn.com, JAKARTA PUSAT - Komisi X DPR akhirnya menyetujui pagu anggaran 2023 untuk Perpustakaan Nasional (Perpusnas) sebesar Rp 723.040.156.000.

Mereka juga mendesak Perpusnas agar berkoordinasi dengan Kemendikbudristek dan lembaga lain untuk merancang skema kerja sama untuk meningkatkan literasi nasional.

BACA JUGA: Kritikan Tajam Ketua Komisi X kepada Mas Nadiem, Ada Soal Tunjangan Profesi Guru 

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Wakil Ketua Komisi X DPR Abdul Fikri Faqih pada saat rapat dengar pendapat dengan Kepala Perpusnas, di DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (2/9).

Dia mengatakan Perpusnas bisa meningkatkan literasi nasional yang kini masih dinilai rendah.

BACA JUGA: Respons Penolakan RUU Sisdiknas, Ketua Komisi X DPR Memprakarsai Pembentukan Pokja Nasional

“Komisi X DPR menyetujui pagu anggaran berdasarkan nota keuangan RAPBN TA 2023 sebesar Rp 723.040.156.000,” kata dia dalam siaran persnya, Jumat.

Sinergitas dengan kementerian dan lembaga lain, lanjut Fikri, penting dibangun Perpusnas di tengah isu literasi nasional yang rendah.

BACA JUGA: Pansus Gabungan Pengangkatan 1 Juta PPPK Bakal Digeber, Komisi X Siap Menghadap Gus Muhaimin 

Komisi X bisa memahami bila kemudian Perpusnas membutuhkan tambahan anggaran untuk menyukseskan program prioritasnya, yaitu peningkatan indeks literasi nasional.

Karena itu Fikri mendorong Perpusnas berkoordinasi dengan Kemendikbudritek, Kemendes, dan K/L lain untuk membuat skema kerja sama meningkatkan pelaksanaan program literasi dan perpustakaan dapat terintegrasi dan bersinergi.

"Kami juga memahami perlunya penambahan pagu anggaran untuk mendukung program prioritas peningkatan indeks literasi masyarakat dan pemenuhan bahan bacaan di daerah 3T,” ungkap Fikri. (jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ketua Komisi X DPR: Jokowi Berkomitmen Menaikkan Anggaran Pendidikan


Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Dedi Sofian, Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler