Komjen BG: Kelompok Ini Mendapat Perintah dari ISIS

Jumat, 15 Januari 2016 – 08:23 WIB
Personel Brimob bersenjata di lokasi peledakan bom di kawasan Sarinah. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com - JAKARTA – Wakapolri Komjen Budi Gunawan menuturkan, pelaku peledakan beruntun di sekitar kawasan Sarinah, Jakarta Pusat, kemungkinan merupakan sisa-sisa kelompok Abu Jundi.

Abu Jundi merupakan terduga perencana aksi teror Natal dan tahun baru yang ditangkap di Solo. "Kelompok ini dipastikan mendapat perintah dan komunikasi dengan ISIS," ungkapnya kemarin.

BACA JUGA: NGERI! Masih Ada Lima Bom Aktif di Badan Pelaku yang Sudah Mampus Itu

Perlu diketahui, saat Abu Jundi ditangkap, juga ditemukan sejumlah bom rakitan. Kemungkinan besar jenis bom ini sama dengan bom yang meledak di Sarinah.

"Ya, sebenarnya kami sudah mengantisipasi dengan penangkapan terhadap para pelaku teror sebelum natal," ujarnya.

BACA JUGA: Ditangkap Densus Hingga Bawa Lari Mahasiswi ke Suriah

Dia menuturkan, dalam rangkaian penangkapan sebelum natal dan tahun baru, sebenarnya ada tiga orang yang masih bebas berkeliaran alias belum tertangkap.

"Kemungkinan tiga orang yang belum tertangkap ini menjadi pelaku aksi ledakan bom dan penembakan di Sarinah saat ini," paparnya.

BACA JUGA: Ini Saran dari Mantan Kombatan

Diduga, lanjut dia, karena berhasil diredam dalam melakukan aksi teror saat Natal dan tahun baru, lima pelaku ini nekat melakukan aksi pada Kamis (14/1). Namun yang pasti Polri berhasil untuk melumpuhkan semua pelaku. "Kami tidak akan berhenti hanya pada pelaku. Namun semua jaringannya," papar Budi Gunawan.

Anton Charliyan menambahkan, upaya pengejaran dilakukan dengan didasarkan pada informasi intelijen dan keterangan dari para pelaku perencana pengeboman, juga berdasar dari kejadian yang terekam di closed circuit television (CCTV) sekitar Sarinah.

Harapannya, dengan semua itu dapat diketahui dengan terang benderang siapa saja pelaku dan aktor intelektual aksi bom.

"Yang pasti ini tidak hanya melibatkan satu kelompok, bisa jadi ada gabungan kelompok yang memiliki pandangan yang sama atau terkait ISIS," paparnya. (byu/syn/gun/lus/wan/far/idr/yuz/sam/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Gandeng Aktivis dan LSM Kawal Pembangunan Desa dinilai Langkah Cerdas


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler