Komposisi Ideal Golkar-Gerindra, Priyo Dampingi Prabowo

Minggu, 04 Mei 2014 – 13:58 WIB

jpnn.com - JAKARTA-- Sinyalemen koalisi Partai Gerindra dan Partai Golkar pada pemilihan presiden menguat. Ini setelah adanya komunikasi politik antara Ketum PG Aburizal Bakrie dengan Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Menurut Direktur Emrus Corner, Emrus Sihombing, jika koalisi itu terjadi maka sebaiknya Prabowo yang diusung sebagai calon presiden.

BACA JUGA: Jokowi Kunjungi Pondok Pesantren di Demak

Sebab, kata Emrus, mencermati hasil elektabilitas capres kedua partai, maka sudah sepantasnya Prabowo dijadikan capres dan Golkar hanya mengajukan cawapres.

Ia mengatakan, jika skenario itu berjalan maka setidaknya empat kandidat dari tokoh PG yang bisa diusung sebagai cawapres.

BACA JUGA: Hanura Disarankan Ikut Sokong Jokowi

Emrus menyebut nama-nama itu adalah Priyo Budi Santoso, Akbar Tandjung, Luhur Binsar Panjaitan dan Jusuf Kalla.

Namun, Emrus menegaskan, dari empat nama itu yang ideal adalah bila Priyo yang dipasangkan dengan Prabowo. "Komposisi idealnya adalah jika Prabowo mengambil Priyo Budi sebagai cawapres," tegas Emrus saat diskusi bertajuk "Menentukan Arah Koalisi: Partai Berebut Ajukan Cawapres" di Jakarta, Minggu (4/5).

BACA JUGA: Pimpinan KPK Minta Abraham Samad Tuntaskan Tugas

Bukan tanpa alasan Emrus menilai demikian. Pengamat politik dari Universitas Pelita Harapan, itu menegaskan bahwa Priyo merupakan sosok muda yang punya kompetensi mumpuni dalam organisasi, pemerintahan dan birokrasi.

Selain itu, Emrus menambahkan, Priyo juga merupakan representasi tokoh muda religius dan memiliki basis massa Islam dari Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia.

Menurut Emrus, ketegasan Prabowo dengan visi misi memajukan Indonesia dapat dipercepat dengan sokongan pengalaman dan visi ekonomi. "Serta politik pertahanan yang mumpuni dari yang dimiliki Priyo," timpal Emrus.

Lebih jauh Emrus yakin bahwa Priyo mampu membawa gerbong dukungan PG jika didaulat menjadi cawapres Prabowo. "Tentu ini akan meningkatkan elektabilitas Prabowo yang sampai saat ini masih dibawah Jokowi," kata dia. Menurut Emrus, sebagai Ketua Musyawarah Kekeluargaan dan Gotong Royong, maka Priyo juga merupakan amunisi merebut dukungan dari akar rumput partai berlambang Pohon Beringin ini.

Politisi senior PG Zainal Bintang juga menyampaikan bahwa kalau melihat pemetaan yang dimunculkan, maka kader PG terlihat sangat diminati oleh pasangan yang akan berkoalisi. Namun yang jelas, kata Zainal, sampai saat ini partainya belum memutuskan untuk berkoalisi. Keputusan itu akan diambil dalam Rapat Pimpinan Nasional PG yang akan digelar dalam waktu dekat ini. (boy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Rapimnas Buka Opsi Cabut Mandat Ical


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler