Komposisi Soal Tes PPPK 2021, Benarkah Ada Ujian Skolastik?

Kamis, 18 Maret 2021 – 11:12 WIB
Dirjen GTK Kemendikbud Iwan Syahril menjelaskan mengenai komposisi soal tes PPPK 2021. Ilustrasi Foto: humas Kemendikbud

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum Forum Guru Honorer Bersertifikasi Sekolah Negeri (FGHBSN) Nasional Rizki Safari Rakhmat mengungkapkan, saat ini banyak yang mempertanyakan masalah komposisi materi tes pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

Beredar informasi para guru calon aparatur sipil negara (ASN) PPPK ini harus menjalani tahapan tes tes skolastik, terkait dengan kemampuan penalaran dan pemahaman.

BACA JUGA: Pendaftaran PPPK 2021: Ini Informasi Jadwal Tes Guru Agama

"Ini banyak guru yang bingung karena di awal Kemendikbud menyampaikan ada tes skolastik," kata Rizki kepada JPNN.com, Kamis (18/3).

Informasi Itu juga yang membuat guru-guru honorer mencari bimbel khusus tes skolastik.

BACA JUGA: Seleksi PPPK 2021: Bobot Kompetensi Teknis Lebih Besar, Tes Wawancara 10 Soal

Sebab, program guru belajar dan seri belajar mandiri calon guru ASN PPPK yang difasilitasi Kemendikbud tidak ada materi tes skolastik.

Senada itu Ketua Forum Honorer K2 Kabupaten Blitar Sri Hariyati mengeluhkan, bimbel PPPK Kemendibud lebih fokus pada kompetensi bidang.

BACA JUGA: Modus Baru Pembobolan Mesin ATM, Uang Nongol, Listrik Langsung Dimatikan

Untuk tes manajerial dan sosio-kultural tidak ada dalam bimbelnya.

"Nggak lengkap ini seri belajarnya," ucapnya.

Mengenai komposisi tes dalam seleksi PPPK, Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbud Iwan Syahril mengatakan, hanya terdiri dari empat.

Yaitu kompetensi teknis/bidang (sesuai mata pelajaran), tes manajerial, tes sosio-kultural, dan tes wawancara secara tertulis.

Kompetensi teknis memiliki bobot sebanyak 60 persen dari total nilai soal. Sedangkan tes manajerial, sosio-kultural, dan wawancara bobotnya 40 persen. 

"Itu update komposisi tesnya," ujar Iwan kepada JPNN.com baru-baru ini.

Dia menguraikan komposisi tes PPPK untuk kompetensi teknis atau bidang (sesuai mapel) terdiri dari 80-100 soal. Waktu pengerjaannya 120 menit.

Untuk tes manajerial sebanyak 30 butir soal dan dikerjakan 25 menit. Tes sosio-kultural sebanyak 20 soal dengan waktu 15 menit. Untuk wawancara ada 10 butir soal dan dijawab tertulis dalam waktu 10 menit. (esy/jpnn)

 

 

Yuk, Simak Juga Video ini!


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler