Konflik Pemilu Dipicu Ulah Penyelenggara

Selasa, 28 Januari 2014 – 20:27 WIB

jpnn.com - JAKARTA – Sekretaris Jenderal Partai NasDem, Patrice Rio Capella, menilai konflik pemilu terjadi lebih disebabkan karena ulah penyelenggara yang berlaku tidak adil terhadap peserta pemilu.

Terutama penyelenggara di tingkat bawah, karena banyaknya godaan materi yang ditawarkan oknum-oknum peserta tertentu.

BACA JUGA: Ingin Tinjau Sekolah Rusak, DPR Takut Dinilai Ilegal

“Menurut saya akar persoalannya bukan pada kader parpol. Konflik itu terjadi karena ada ketidakadilan terhadap peserta pemilu di daerah. Jadi lebih kepada KPU. Sepanjang tidak bermain dengan peserta pemilu, maka tidak akan timbul konflik dalam pelaksanaan pemilu,” kata Rio dalam sebuah diskusi yang digelar di gedung KPU, Jakarta, Selasa (28/1).

Karena itu Rio berharap penyelenggara dapat benar-benar bertindak jujur, bersih, adil, independen dan mengikuti semua peraturan perundang-undangan yang berlaku.

BACA JUGA: PDIP Tolak Dana Saksi dari APBN

Terutama terkait hasil pemilu nantinya, komisioner di tingkat pusat perlu mewanti-wanti penyelenggara di tingkat lapangan agar tidak mencurangi suara hasil pemilihan di tempat pemungutan suara (TPS).

“Saya kira kunci semuanya itu ada di KPU, terlebih di daerah yang dikatakan rawan konflik. Jangan tergoda oleh kontestan pemilu. Sepanjang penyelenggara tetap bertahan di hasil hari H, itu tidak ada konflik,” katanya.

BACA JUGA: Dewan Buka Posko Aduan Netralitas PNS

Rio mengaku mengungkapkan hal tersebut, karena menurutnya dari pengalaman pelaksanaan pemilu yang lalu, kecurangan hasil pemilu diduga terjadi di tingkat TPS dengan melibatkan oknum penyelenggara, kepala desa dan tentunya oknum peserta yang sangat berambisi meraih kekuasaan.

“Ini harus menjadi catatan penting. Karena itu saya kira tidak cukup hanya digelar deklarasi damai dan regulasi bagi peserta pemilu. Tapi regulasi juga harus benar-benar dijalankan oleh penyelenggara di tingkat paling bawah,” katanya. (gir/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dana APBN untuk Saksi Tunggu Kesepakatan Bawaslu-Parpol


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler