Konon Pistol di Dalam Koper Arsan Latif Titipan Istrinya

Rabu, 17 Juli 2024 – 13:21 WIB
Eks Bupati Bandung Barat Arsan Latif seusai menjalani pemeriksaan di Kantor Kejati Jabar, Kota Bandung, Senin (15/7) malam. Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN

jpnn.com - BANDUNG - Kejaksaan Tinggi (Kejati) memberi penjalasan soal ditemukannya pistol di dalam koper Arsan Latif saat pemeriksaan menjelang penahanan di Rutan Kelas I Bandung.

Arsan sang mantan Bupati Bandung Barat itu dipenjara setelah ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi Pasar Sindangkasih, Cigasong, Kabupaten Majalengka.

BACA JUGA: Arsan Latif Kerap Membawa Senjata Api Setiap Beraktivitas

Saat hendak ditahan di rutan, petugas menemukan pistol di dalam koper yang dibawa oleh kuasa hukum Arsan Latif.

Kasipenkum Kejati Jabar Nur Sricahyawijaya mengatakan, sebelum temuan itu terjadi, jaksa sudah melakukan serah terima Arsan Latif ke Rutan Bandung pada Senin (15/7).

BACA JUGA: Tersangka Korupsi Arsan Latif Pengin Bawa Pistol & 5 Peluru di Tahanan?

Saat pemeriksaan di gedung Kejati, koper yang berisikan pistol itu tidak dibawa Arsan.

"Kalau SOP pemeriksaan sudah kami lakukan sesuai prosedur, enggak ada itu koper yang dibawa sama yang bersangkutan. Nah, begitu tim selesai serah terima dan di perjalanan pulang, kami baru menerima informasi ini," kata Cahya saat dikonfirmasi, Rabu (17/7).

BACA JUGA: Kejati Jabar Tahan Eks Pj Bupati Bandung Barat Arsan Latif

Cahya menjelaskan, berdasarkan informasi yang dia terima, koper tersebut diduga dibawa istri Arsan Latif yang dititipkan kepada pengacaranya.

Setelah selesai diperiksa di Kejati, Arsan Latif hanya membawa obat-obatan untuk keperluan medis pribadinya.

"Kami tidak tahu, karena barang-barang itu dititipkan melalui lawyer, bukan langsung dari petugas kami. Kami juga kaget, kok barang itu bisa ke sana. Namun, akhirnya diamankan oleh petugas Rutan," ujarnya.

Cahya pun mempersilakan aparat terkait mengusut peristiwa tersebut.

Sebelumnya, petugas Rutan Kelas I Bandung mengamankan senjata api jenis laras pendek dengan lima butir peluru di dalam koper milik Arsan Latif.

“Kami periksa sesuai standar. Kami geledah, ternyata kami dapatkan senjata api, termasuk juga handphone,” kata Kepala Rutan (Karutan) Bandung Suparman ditemui di Rutan Bandung, Jalan Terusan Jakarta, Kota Bandung, Selasa (16/7).

Suparman menuturkan, pihak kuasa hukum Arsan mengaku membawa titipan koper saja, tidak mengetahui apa isi dari barang bawaan tersebut.

“Dia beralasan bahwa itu titipan, tidak tahu bahwa isinya ada seperti itu,” tutur dia.

Setelah ditemukan senjata api, pihak rutan berkoordinasi dengan Polsek Batununggal.

"Karena barang yang dilarang, kami langsung berkoordinasi dengan Polsek Batununggal terkait temuan senjata api,” ujar Suparman. (mcr27/jpnn)


Redaktur : Mufthia Ridwan
Reporter : Nur Fidhiah Sabrina

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler