Konsep TOD, Rumah Sakit Brawijaya di Kawasan Taman Mini Segera Beroperasi

Minggu, 15 September 2024 – 16:16 WIB
Kolaborasi Brawijaya Healthcare dan PT Jasa Marga (Persero) Tbk. segera membuka Rumah Sakit Brawijaya dengan konsep TOD di kawasan Taman Mini. Foto: Dok. Brawijaya Healthcare 

jpnn.com, JAKARTA - Rumah Sakit Brawijaya terbaru di Kawasan Taman Mini, Jakarta Timur bakal segera dibuka.

Presiden Direktur Brawijaya Healthcare Amira Ganis mengatakan, berbeda dengan rumah sakit pada umumnya, fasilitas kesehatan ini akan mengusung konsep Transit-Oriented Development (TOD).

BACA JUGA: Brawijaya Oncology Center Hadirkan Layanan Unggulan Cegah Kanker Serviks

"Ini menjadi rumah sakit pertama di Indonesia yang terintegrasi dengan pusat transportasi umum, pusat perbelanjaan, dan kawasan pemukiman urban," kata Amira Ganis dalam pernyataan resmi, Minggu (15/9).

Menurutnya, Brawijaya Healthcare bekerja sama dengan PT Jasa Marga (Persero) Tbk untuk mengembangkan konsep layanan kesehatan terintegrasi ini.

BACA JUGA: Brawijaya IVF Center Datangkan Pelopor Klinik Bayi Tabung Terbesar di Dunia 

Kerja sama diharapkan bisa menjadi sebuah alternatif untuk kemudahan masyarakat dalam menjangkau layanan kesehatan yang terintegrasi dengan sistem transportasi serta fasilitas lainnya seperti ritel, residensial dan ruang publik.

Berlokasi strategis di dalam kawasan stasiun LRT Jabodetabek TMII, dan terhubung langsung dengan sistem transportasi umum, seperti LRT, bus, dan moda transportasi lainnya, rumah sakit itu diharapkan dapat menjadi solusi bagi warga masyarakat yang membutuhkan layanan kesehatan berkualitas tanpa harus menghadapi kemacetan lalu lintas.

BACA JUGA: UKM Brawijaya Golf Gelar Turnamen, Kesempatan Bagi Mahasiswa untuk Berprestasi di Dunia Golf

"Kami percaya bahwa konsep Transit-Oriented Development adalah masa depan layanan kesehatan urban. Dengan rumah sakit yang mudah diakses dari berbagai titik transportasi umum, kami berharap bisa memberikan kenyamanan dan efisiensi bagi para pasien, serta tenaga kesehatan yang bekerja di sini," tutur Amira Ganis.

Rumah Sakit Brawijaya menawarkan layanan kesehatan lengkap, termasuk perawatan rawat jalan, rawat inap, layanan bedah, dan layanan gawat darurat 24 jam.

Adapun layanan unggulan yang tersedia, antara lain Trauma Center, Degenerative Diseases, Predialisis Clinic, Cardiovascular Center, Women and Children’s Health Center, termasuk di dalamnya Women’s breast health clinic, dan mengedepankan layanan Minimally Invasive Surgery (MIS).

Selain itu, rumah sakit itu juga dilengkapi dengan teknologi medis terkini dan memiliki desain ramah lingkungan yang sejalan dengan prinsip TOD, mengedepankan keberlanjutan dan efisiensi energi.

Peresmian rumah sakit direncanakan awal 2025 dan akan dihadiri sejumlah pejabat pemerintah, tokoh kesehatan, serta mitra dari sektor transportasi dan pembangunan perkotaan.

Dengan konsep TOD, Brawijaya Hospital Taman Mini di Jakarta Timur diharapkan dapat menjadi pionir dalam menghadirkan layanan kesehatan yang lebih mudah diakses, efisien, dan terjangkau bagi masyarakat. (esy/jpnn)


Redaktur : Dedi Yondra
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler