Konsultasi Pimpinan DPR dengan Banggar dan KPK Batal Digelar

Selasa, 27 September 2011 – 20:20 WIB

JAKARTA - Rapat konsultasi antara pimpinan DPR, Badan Anggaran (Banggar), fraksi-fraksi dan Komisi III DPR dengan Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Polri, serta Kejaksaan Agung yang sedianya diselenggarakan Selasa (27/9), akhirnya batal digelarRapat yang sebelumnya menagendakan pembahasan anggaran itu batal karena tidak satupun dari Polri, KPK ataupun Kejaksaan hadir

BACA JUGA: Soal Reshuffle, Demokrat Tegaskan SBY Tak Perlu Didikte



Meski begitu pimpinan DPR akan mengundang kembali ketiga pimpinan insitusi hukum itu untuk rapat konsultasi bersama dengan Pimpinan DPR, Banggar, fraksi-fraksi, dan Komisi III DPR, besok
“Tadi pagi, ada surat balasan dari ketiga lembaga hukum itu, intinya menyatakan belum bisa hadir karena ada agenda lainnya yang juga penting

BACA JUGA: DPR Tetap Tambah Anggaran untuk BIN

DPR akan kirim surat lagi untuk menyelenggarakan rapat konsultasi pada Kamis (29/9) pukul 13.00 WIB,” kata Wakil Ketua DPR, Priyo Budi Santoso Priyo, di gedung DPR, Senayan Jakarta, Selasa (27/9).

Menurut politisi Golkar itu, pimpinan DPR bisa memaklumi ketidakhadiran pimpinan KPK, Polri, dan Kejaksaan
Ditegaskannya, pemanggilan itu semata-mata merupakan keinginan pimpinan DPR agar polemik yang terjadi di Banggar tidak berkepanjangan.

Karena itu, ujar Priyo, Pimpinan DPR meminta Banggar DPR kembali bekerja setelah rapat itu dilakukan

BACA JUGA: Bom Bunuh Diri Berulang, Penegak Hukum Perlu Diinvestigasi

“Usai pertemuan, Banggar kita minta bekerjaApa pun hasilnya, Banggar harus bekerja setelah pertemuan Kamis nanti,” tegas dia.

Priyo juga menyatakan, Pimpinan DPR juga meminta kehadiran pimpinan ketiga lembaga penegak hukum itu tidak diwakiliKarena ini merupakan panggilan khusus, serta pekerjaan konstitusional sehari-hari.

“Masing-masing lembaga yang ada menghormati tugas konstitusional masing-masingJangan satu di atas angin, dan mengharu-biru yang lainnyaHarus berdasar tata aturan yang berlaku di Indonesia,” ucap dia.

Sementara Wakil Ketua DPR dari Fraksi PDI-P Pramono menjelaskan, tertundanya rapat konsultasi tadi karena tiga dari lima pimpinan KPK sedang berada di luar kotaSedangkan Kapolri dan Jaksa Agung tengah mengikuti kegiatan dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Menurut Pramono, rapat konsultasi ini sebetulnya untuk menyamakan persepsi antara DPR dengan ketiga lembaga penegak hukum itu terkait pembahasan anggaran oleh Banggar DPRKarena itu, ia merasa optimis, jika rapat itu telah dilakukan, semua persoalan juga akan cepat selesai“Kita optimis ini selesaiTugas utama dewan adalah selesaikan APBNKalau tidak, memalukan bagi rakyat kita,” kata dia.

Adapun Wakil Ketua Banggar DPR Tamsil Linrung menegaskan, Kamis (29/9) lusa Banggar akan kembali bekerja seperti biasaBahkan hari ini, kata dia, Banggar sudah ada yang mulai bekerja kembali.

“Besok Kamis setelah rapat dengan KPK dan lainnya, kita kerja kembaliSore ini pun, teman-teman sudah saya bilang, mulai kerja lagi,” tukas dia(fas/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Telat Dikirimi Surat, KPK Ogah Penuhi Panggilan DPR


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler