Kontrol PNS Netral, Korpri Gandeng Bawaslu

Kamis, 11 Maret 2010 – 01:41 WIB
JAKARTA - Menghadapi pilkada (pemilihan kepala daerah), posisi pegawai negeri sipil (PNS) sering dilematisKalau tak ikut mendukung, posisi mereka rawan disingkirkan

BACA JUGA: Pilkada se-Bengkulu Disepakati Ikuti Jadwal

Terutama dari calon incumbent
Padahal, para abdi negara itu dituntut netral dan tidak partisan.

Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) akan berusaha meminimalkan partisan dari para anggotanya

BACA JUGA: Pilkada Kutai Kartanegara Terancam Tanpa Putri Syaukani

Ketua Umum Korpri Diah Anggraeni mengatakan akan menggandeng Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) untuk mengawasi keterlibatan PNS dalam pilkada
"Saya akan bekerja sama dengan Bawaslu untuk mengawasi PNS yang ikut kampanye dan aktivitas partisan sejenisnya," kata Diah di gedung Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) kemarin (10/3).

Kerja sama itu, imbuh Diah, bakal diwujudkan dalam penandatanganan nota kesepahaman antara Korpri dan Bawaslu

BACA JUGA: KPU Maksimalkan Sosialisasi DPT di Mataram

Secara informal, dua lembaga itu sudah membicarakan rancangan isi nota tersebut"Tinggal realisasi penandatanganan," ujar Diah.

Setelah diteken, kata Diah, Korpri akan mengirimkan surat edaran untuk Korpri daerahDiah menjamin semua PNS di instansi mana pun bakal menaati aturan tersebutSebab, semua PNS adalah anggota Korpri"Dulu Korpri di luar kedinasan, sekarang Korpri berada di dalam kedinasaanJadi, semua PNS adalah anggota Korpri," katanya.

Diah yang juga sekretaris jenderal Kemendagri meminta pengawasan juga dilakukan oleh pejabat struktural tertinggiKalau di daerah, posisi itu dipegang sekretaris daerah (Sekda)"Karena sesama PNS, bisa saling mengawasiJadi tidak terimbas oleh politik," ucapnya.

Diah mengakui, PNS takut dengan euforia politikSetiap pilkada, mereka mengkhawatirkan posisinya"Jangan-jangan ganti pejabat, saya akan dihabisi," tuturnyaNamun ketakutan itu, kata Diah pula, sebenarnya tak perluSebab, perjalanan karir PNS tidak sama dengan perjalanan karir politik(aga/tom)

BACA ARTIKEL LAINNYA... KPU Kepri Terima Pendaftaran Empat Pasang Cagub


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler