Kontroversial, Rilis Capello Index Ditunda

Dipersembahkan untuk Fans, Tolak Anggapan Komersil

Kamis, 13 Mei 2010 – 05:29 WIB
KONTROVERSI - Fabio Capello saat mensosialisasikan situs barunya (kiri) dan sekilas tampilan dari Capello Index. Foto: PA/Telegraph.co.uk.
LONDON - Meski Piala Dunia (PD) 2010 Afrika Selatan belum lagi berlangsung, tapi sejumlah kritik telah membanjiri pelatih timnas Inggris, Fabio CapelloTentu saja itu bukan karena prestasi tim berjuluk Three Lions itu

BACA JUGA: Queiroz Panggil 24 Pemain Portugal

Sebab, pada fase kualifikasi PD 2010 pun, Inggris nyatanya tampil hebat.

Terus, apakah karena pemanggilan 30 pemain ke skuad Inggris yang dinilai kurang memuaskan oleh publik Inggris? Ternyata juga bukan
Yang bikin publik Inggris ketar-ketir belakangan adalah rencana Capello me-launching situs Capello Index.

Sebenarnya, apa sih Capello Index? Itu adalah sebuah situs buatan tactician asal Italia tersebut bersama dengan beberapa rekan-rekannya

BACA JUGA: Ronaldinho Nantikan Panggilan Dunga

Yang bikin publik Inggris khawatir adalah, karena situs itu rencananya akan memberi rating kepada para pemain selama PD 2010.

Menariknya, bukan hanya terhadap para pemain Inggris, rating juga akan diberikan kepada semua pemain yang tampil pada PD 2010
Dalam hal ini, publik Inggris merasa khawatir jika penilaian yang dilakukan Capello Index itu akan mempengaruhi skuad Three Lions, apalagi lantaran penilaian itu juga bisa dilihat publik secara luas.

Lagipula lebih jauh, melalui Capello Index, rencananya akan tercipta sistem penilaian atau rating yang menunjukkan siapa pemain yang berpenampilan baik ataupun buruk, hanya berselang dua jam setelah melakoni pertandingan pada PD 2010

BACA JUGA: Obama Datang, Keamanan PD Terancam

Data penilaian dari Capello Index itu nantinya juga akan dipakai sebagai sistem bagi sebuah game online bertajuk Capello XISetiap fans bisa saja ikut memainkan game online tersebut hanya dengan mendaftar dan membayar sejumlah uang.

Sejauh ini, belum ada tanggapan resmi dari FA (asosiasi sepakbola Inggris) terkait dengan kontroversi Capello Index iniJustru sebaliknya, Capello yang sudah lebih dulu bikin komentarMantan pelatih Real Madrid itu menolak bila proyek tersebut dianggap hanya bermotif komersil belaka.

Menurut Capello, situs itu dibuat justru karena kecintaannya terhadap sepakbolaSelain itu katanya, situs itu malah bisa banyak membantunya pada PD 2010"Saya membuat situs ini untuk membantu fans, dan melakukan sesuatu yang berbeda," papar Capello, yang baru-baru ini sudah sempat melakukan sosialisasi sekaligus semacam soft launching situs tersebut, seperti dikutip The Telegraph.

Kalau banyak yang menilai (bahwa situs itu) bisa berbahaya, karena akan menimbulkan persepsi yang beragam setelah penilaian dibuat, Capello justru menjelaskan bahwa program yang dia buat tersebut akan banyak memberikan bantuan di PD 2010"Terkadang tidak mudah untuk bicara kepada para pemain, dan bilang permainanmu buruk serta sebaiknya kamu mengembangkan diriDengan situs tersebut, mereka bisa mengetahui penilaian saya (dengan sendirinya) dan kemudian membenahi diri," lanjut Capello.

Sebelum di-launching secara resmi, Capello Index memang telah mulai menjajal programnya, untuk menilai sejumlah pemain di Premier League InggrisSelama empat pekan, Capello Index diujicobakan dan memberi penilaian terhadap sederet pemain dari beberapa klubSementara ini, hanya Arsenal, Chelsea, Manchester City, Manchester United, Tottenham Hotspur dan Liverpool yang dinilai.

Dari ujicoba tersebut, Capello Index telah memberi rating kepada beberapa pemain, seperti Ledley King, Michael Dawson, Sol Campbell, John Terry, juga Rio FerdinandHasilnya, King, Dawson dan Campbell, ternyata memiliki rating yang lebih baik daripada Terry dan Ferdinand yang notabene adalah skuad utama di lini pertahanan Inggris pada PD 2010Joe Cole yang selama ini tidak masuk dalam skuad, ternyata juga memiliki rating tinggi.

Kendati demikian, nyatanya lantaran desakan yang kuat dari publik Inggris, akhirnya Capello diberitakan telah mengurungkan niatnya untuk memberi penilaian pada Piala DuniaSitus tersebut akhirnya direncanakan baru akan beroperasi secara normal seusai PD 2010.

Saat ini, rating pemain di Capello Index yang tercantum masih menggunakan versi beta itu, sudah bisa dilihat di www.capelloindex.comBerdasarkan versi Capello Index itu, sekarang rating tertinggi menjadi milik striker Real Madrid, Cristiano RonaldoCapello Index juga telah memberi rating para pemain di sejumlah kompetisi elit Eropa sejauh ini(ham/ito/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Sinyal Negatif Persiapan Meksiko


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler