Korut Ngamuk, Ancam Balas Dendam

Selasa, 08 Agustus 2017 – 22:38 WIB
Salah satu misil Korea Utara. Foto: reuters/kcna

jpnn.com, PYONGYANG - Korea Utara (Korut) enggan menggubris sanksi Dewan Keamanan (DK) PBB. Alih-alih takut atau melunak, rezim Kim Jong-un justru melawan.

Kemarin (7/8) melalui Korean Central News Agency (KCNA), Pyongyang meluapkan amarahnya.

BACA JUGA: Ngeri! Korut: Amerika Akan Membayar Ribuan Kali Lipat

Korut menolak sanksi-sanksi tegas yang dirumuskan Amerika Serikat (AS) dalam resolusi 2371 itu. Korut juga mengancam akan melancarkan balas dendam.

Pembalasan selalu lebih kejam. Itu pula yang Pyongyang tegaskan lewat KCNA.

BACA JUGA: Buntut Uji Coba Rudal, PBB Potong Sumber Duit Korut

"AS akan membayar mahal kejahatannya terhadap kami, ribuan kali lipat." Demikian bunyi pernyataan tertulis Pyongyang sebagaimana disebarluaskan KCNA kemarin.

Menurut Jong-un dan jajaran pemerintahannya, sanksi ekonomi baru yang DK PBB terapkan atas prakarsa AS itu merupakan bentuk pelanggaran kedaulatan Korut.

BACA JUGA: Trump Tak Mampu Menepati Janji, Rusia Mulai Usir Diplomat AS

Korut geram dengan sanksi baru yang diloloskan DK PBB dengan mudah dalam pemungutan suara pada Sabtu (5/8).

Sanksi yang menarget sektor ekspor energi dan makanan Korut itu diperkirakan mengurangi pendapatan rezim Jong-un sampai USD 1 miliar (sekitar Rp 13,3 triliun) per tahun.

Itu belum termasuk kerugian karena sanksi di sektor ketenagakerjaan. Namun, Korut bergeming. Pyongyang tak takut bangkrut.

"Kami tidak akan mundur selangkah pun dari program nuklir kami." Demikian sikap pemerintahan Jong-un yang disampaikan secara tertulis kepada KCNA.

Tak hanya ngotot melanjutkan ambisi nuklirnya, Korut pun menutup pintu dialog.

Pyongyang menegaskan bahwa mereka tidak akan kembali ke meja perundingan untuk membahas nuklir yang Jong-un yakini sebagai hak mutlak Korut.

Di Kota Manila, Filipina, Menteri Luar Negeri Korut Ri Yong-ho bertemu teman sejawatnya dari Korea Selatan (Korsel).

Yakni, Menteri Luar Negeri Kang Kyung-wha. Minggu (6/8) mereka sempat berbincang sebentar di sela-sela jamuan makan malam Forum Regional ASEAN.

Sayang, dalam interaksi singkat dan langka itu, mereka gagal berdamai.

"Kang meminta Ri menerima ajakan Korsel untuk menggelar perundingan militer guna meredam ketegangan yang kian memuncak di Semenanjung Korea. Tapi, Ri menolaknya," papar sumber kantor berita Korsel, Yonhap.

Kabarnya, ajakan Korsel untuk kembali menyelenggarakan reuni keluarga dua Korea juga ditanggapi dingin oleh Ri. Sebab, di mata Ri, Korsel hanyalah boneka AS.

"Dalam situasi yang kami hadapi saat ini, di mana Korsel bekerja sama dengan AS untuk membuat Korut tersudut, proposal apa pun yang mereka ajukan tidak bisa kami pastikan kesungguhannya," ungkap Ri.

Bulan lalu Pyongyang mengabaikan ajakan dialog oleh Seoul. Rezim Jong-un sengaja tidak mengiyakan atau menolak gagasan Korsel tersebut, tapi membiarkannya berlalu.

Dari forum yang sama, Menteri Luar Negeri AS Rex Tillerson menyatakan bahwa dialog bukanlah solusi bagi krisis nuklir Korut.

Dan, setelah Korut meluncurkan dua ICBM (intercontinental ballistic missile) pada Juli, Washington menutup jalur perundingan.

"Perundingan hanya akan terjadi jika Korut menghentikan program rudal balistik mereka," jelasnya.

Sementara itu, melalui sambungan telepon, Presiden AS Donald Trump dan Presiden Korsel Moon Jae-in sepakat untuk meningkatkan tekanan terhadap Korut.

"Dua pemimpin tersebut sama-sama menganggap Korut sebagai ancaman serius bagi seluruh negara di dunia," terang jubir Gedung Putih.

Karena itu, AS dan Korsel tetap akan menjalani latihan gabungan (latgab) militer sesuai jadwal. (AFP/Reuters/hep/c16/any/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Daebak! Cap Tangan Joe Taslim Ada di Star Park


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler