KPK Bantah Pakai Informasi Wikileaks ‎untuk Jerat Hadi Poernomo

Selasa, 06 Mei 2014 – 13:44 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menegaskan tidak pernah menggunakan informasi intelijen Amerika Serikat (AS) dalam menelusuri kasus dugaan korupsi terkait permohonan keberatan pajak yang diajukan Bank Central Asia (BCA) yang menjerat mantan Dirjen Pajak Hadi Poernomo.

"KPK tidak menggunakan informasi Wikileaks dalam penanganan perkara ‎Pajak BCA dengan tersangka HP (Hadi Poernomo) tidak ada kaitannya dengan Wikileaks," kata Juru Bicara KPK Johan Budi SP dalam pesan singkat, Selasa (6/5).

BACA JUGA: Mobil Tahanan Dilempari Botol, Atut Diteriaki Maling

Menurut Johan, KPK membuka kasus itu hingga sampai penetapan Hadi sebagai tersangka karena ada pengaduan dari masyarakat. "Penyelidikan kasus ini berdasarkan laporan masyarakat," ujarnya.

Sebelumnya, nama Hadi yang merupakan mantan Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) disebut-sebut di Wikileaks.org. Ia disebut masuk dalam tokoh yang mendapat perhatian intelijen Amerika Serikat sejak lama. 

BACA JUGA: Tinggalkan Bapas, Corby Dorong Kamera Wartawan

Hadi disebut sebagai pejabat korup yang harus dijatuhkan. Pemerintah AS menyebutnya sebagai tokoh korup di bidang pajak. Sementara di kalangan pebisnis berskala internasional, ia dianggap sebagai salah satu birokrat yang kotor.

Predikat tersebut melekat pada Hadi sejak menjadi Direktur Jenderal Pajak Kementerian Keuangan RI. Karena praktik kotornya itulah, Badan Intelijen Pusat Amerika Serikat (Central Intelligence Agency/CIA) menggelar operasi untuk menjatuhkan Hadi dari jabatannya sebagai Dirjen Pajak pada 2006 silam. (gil/jpnn)

BACA JUGA: Atut tak Ajukan Keberatan terhadap Dakwaan Jaksa KPK

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ratu Atut Terancam 15 Tahun Penjara


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler