KPK Sidak Seluruh Pemkot se-DKI

Senin, 08 Juni 2009 – 18:24 WIB
JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Senin (8/6), menyambangi lima kantor walikota di JakartaTujuan KPK sidak ke seluruh Pemkot se-DKI ini, adalah untuk mendorong reformasi birokrasi, mencegah tindak pidana korupsi, membenahi kinerja pejabat publik, serta menunjukkan itikad baik lembaga pelayanan publik kepada masyarakat.

"Kita beri pencerahan kepada mereka (pejabat publik) supaya memperbaiki kinerjanya

BACA JUGA: AHD dan Honco Sebut Nama Johny Allen

Sekarang kita ingin lihat, (reformasi birokrasi) itu sudah diperbaiki atau belum
Kita juga akan menunjukkan kepada masyarakat, mungkin sekarang sudah ada perubahan, sehingga kalau dulu masyarakat dilayani kurang bagus, sekarang bisa datang kesini (Pemkot)

BACA JUGA: KPK-ICW Didesak Usut Dugaan Suap RS Omni

Kalau masih ada keluhan, maka kita akan lihat seperti apa kerja mereka," cetus Wakil Ketua KPK Bidang Penindakan, Bibit Samad Riyanto.

Lantas, temuan apa kira-kira yang sudah ditemukan KPK? "Temuannya, ya, ada beberapa informasi, tapi belum pas
Semua informasi sedang dikumpulkan," kata Bibit lagi, sambil menambahkan soal rencana tindak lanjut bila ditemukan pelanggaran.

"Kita akan kerjasama dengan aparat penegak hukum

BACA JUGA: Rehabilitasi Danau dan Situ Habiskan Rp 8,9 M

Karena kalau ditangani KPK, kan tidak mungkin, karena kurang dari Rp 1 miliarTapi kalau ada suap dan sebagainya, maka kita lempar ke penegak hukum untuk ditangani," jelasnya.

Menjawab pertanyaan apakah ini fokusnya pelayanan publik, Bibit pun membenarkan"IyaTahun ini kita memang menargetkan pelayanan publik harus bagusKarena dari Transparansi Internasional, yang dikeluhkan adalah pelayanan publikAnda bisa baca situs TII, bidang apa saja yang disurvei," katanya.

Sidak sendiri dilakukan secara serentakTim KPK dibagi lima, yaitu tim yang ke Pemkot Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Utara, Jakarta Barat dan yang ke Jakarta TimurBibit sendiri kebagian memimpin tim yang menyambangi Pemkot Jakarta Utara, di Jl Yos Sudarso No 27-29, Jakarta UtaraWakil ketua KPK Bidang Penindakan, Chandra M Hamzah, memimpin tim yang ke Pemkot Jakarta Pusat.

Lalu, Wakil Ketua KPK Bidang Pencegahan, Haryono Umar, memimpin tim yang mendatangi kantor Walikota Jakarta TimurSedangkan Wakil Ketua KPK Bidang Pencegahan M Jasin, memimpin tim yang bergerak ke Jakarta SelatanUntuk Pemkot Jakarta Barat, tim KPK dipimpin oleh Deputi Pencegahan KPK, Eko Ciptadi.

Tim pimpinan Bibit meluncur ke Pemkot Jakarta Utara sekitar pukul 09.00 WIBSaat tiba sekitar pukul 09.44 WIB, Walikota Jakarta Utara Bambang Sugiyono tidak berada di tempatPegawai di kantor Walikota Jakut sempat kaget dengan kedatangan rombongan dari KPK itu, karena memang tak ada pemberitahuan sebelumnya.

Namun tim KPK tak menyia-nyiakan kesempatan di sana, dan langsung menanyai warga yang sedang mengurus sertifikat tanahTim yang dipimpin Bibit juga menemui petugas pelayanan keluarga miskin khusus rawat inap, perizinan sarana kesehatan, serta penataan dan pengawas bangunanHasil wawancara tersebut kini sedang dikumpulkan untuk didalami lagi(gus/JPNN)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Jhony Allen Protes Uangnya Kurang


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler