KS Resmi Tunjuk Tiga Underwriter

Jumat, 14 Mei 2010 – 19:40 WIB
JAKARTA – Krakatau Steel (KS), perusahaan baja raksasa milik negara secara resmi menunjuk tiga underwriter atau penjamin emisi untuk pelepasan saham perdana kepada publik atau initial public offering (IPO) pada pertengahan hingga akhir tahun 2010 mendatangKetiga peruahaan sekuritas yang ditunjuk tersebut adalah PT Danareksa, PT Bahana Securities, dan PT Mandiri Sekuritas.

Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Mustafa Abubakar mengungkapkan bahwa direksi dan komisaris Krakatau Steel sudah menunjuk tiga perusahaan underwriter IPO

BACA JUGA: Menakertrans Bidik Pasar Tenaga Kerja Formal

"Rencana IPO-nya masih dalam proses
Namun ditargetkan IPO bakal dilangsungkan pada kuartal III, paling lambat kuartal IV tahun 2010 ini," ucap Mustafa.

Sebelum IPO dilangsungkan, beber dia,  banyak hal yang harus diselesaikan oleh KS, seperti dalam rangka joint venture (JV) dengan Korea

BACA JUGA: Ekonomi Kuartal II, Pemerintah Tetap Optimis

Korea menawarkan kerjasama dengan total investasi US$6 miliar.

"Sekarang masih dalam proses negosiasi, termasuk masalah komposisi direksi
Awalnya direncanakan jumlah direksi ada tiga, di mana dua direksi dari dari Posco dan satu dari KS

BACA JUGA: Pelabuhan Besar Disiapkan Gunakan Layanan Elektronik

Namun belakangan berubah, seperti yang ditawarkan dari Direksi KS yakni 5 direksi, dengan komposisi dua direksi dari KS dan 3 dari Posco," terang Mustafa.

Selain itu, Mustafa Abubakar juga menambahkan persoalan yang masih dalam pembahasan serius antara Posco dan KS adalah mengenai kepemilikan ekuitas, manajemen, pemasaran, serta besaran nilai aset atau nilai tanah yang saat ini dimiliki.

Jika nanti joint venture pabrik baja antara KS dengan Posco Korea gagal, manajemen PT Krakatau Steel (KS) diperintahkan untuk membuat rencana alternatif"Pemerintah meminta KS untuk membuat planing lainnya, yakni membangun pabrik sendiri," pungkasnya. (yud/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Lima Hotel BUMN di Bali Segera Direnovasi


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler