Kuncinya, Matikan Zigic

Jumat, 18 Juni 2010 – 11:15 WIB
SIAP - Para pemain Jerman, Arne Friedrich, Philipp Lahm dan Thomas Mueller, dalam laga lawan Australia, 13 Juni lalu, kini siap menghadapi Serbia. Foto: Doug Pensinger/Getty Images/FIFA.com.

PORT ELIZABETH - Spanyol membayar mahal atas ketidaksiapan sektor pertahanan ketika menghadapi SwissLantaran para defendernya terlalu sibuk ikut menyerang, mereka kebobolan oleh aksi serangan balik yang sebenarnya tidak terlalu berbahaya

BACA JUGA: Barry Siap Jadi Starter

Belajar dari pertandingan di Grup H itu, Jerman menyiapkan antisipasi yang lebih baik untuk menangkal serangan balik.

Alih-alih memperkuat pertahanan, mereka lebih suka mematikan serangan Serbia sekaligus
Untuk itu, mereka harus mematikan striker utama Beli Orlovi - sebutan Serbia - yaitu Nicola Zigic

BACA JUGA: Bersinar setelah Musim yang Buruk

Sebab, selain berperan sebagai targetman, tukang gedor bertinggi badan 202 cm itu juga bertugas menjadi pengatur serangan.

"Kami sudah mempelajari pola serangan Serbia dengan baik
Semuanya berpusat kepada Zigic," ungkap Sami Khedira, gelandang sayap Jerman, seperti dilansir Associated Press.

"Kami harus memenangkan semua perebutan bola darinya

BACA JUGA: Jerman v Serbia: Ogah Pongah

Pendeknya, distribusi bola dari dan ke Zigic harus diputusKalau kami berhasil melakukannya, itu tidak hanya menambah efektif permainan kami, tapi juga bisa menguras energi dan mental mereka," papar gelandang berusia 24 tahun yang diplot menggantikan Michael Ballack tersebut.

Zigic memang sosok striker istimewaDengan tinggi badan di atas rata-rata, dia piawai menaklukkan bola-bola atasSecara fisik, dia juga cukup tangguhMeski pergerakannya tidak terlalu cepat, penempatan bolanya selalu bagus.

Karena itu, selain mengisolasi pergerakannya, Argentina juga menyiapkan satu pengawal khususDia adalah bek tengah Per Mertesacker yang tingginya mencapai 198 cmBelum menyamai tinggi Zigic, tapi paling tidak bisa diandalkan dalam duel udara.

"Memang Per yang disiapkan secara khusus untuk menempel ZigicTapi pada dasarnya bek tengah kami selalu memenangi bola-bola tinggi waktu melawan AustraliaSo, kami berada dalam bentuk terbaik," yakin Hans Flick, asisten pelatih Jerman(na)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Firasat Buruk Dari Arkeolog


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler