Bersinar setelah Musim yang Buruk

Jumat, 18 Juni 2010 – 11:08 WIB
TAHAN - Onyewu (kiri) bersama sejumlah pemain AS lainnya, berjalan keluar lapangan, usai menahan imbang Inggris dalam laga 12 Juni lalu. Foto: Phil Cole/Getty Images/FIFA.com.

JOHANNESBURG - Keraguan besar sempat bergelayut di benak suporter Amerika Serikat (AS) jelang Piala Dunia (PD) 2010 Afrika Selatan (Afsel), terhadap Oguchi OnyewuBukan tanpa sebab

BACA JUGA: Jerman v Serbia: Ogah Pongah

Onyewu tak pernah dimainkan di klubnya AC Milan selama musim lalu.

Sepanjang musim ini, dia sempat mengalami cedera tendon, serta selalu bergelut dengan pemulihan cedera
Dampaknya, dia kalah bersaing dengan bek-bek Milan lainnya, sebut saja Alessandro Nesta, Thiago Silva, dan Giuseppe Favalli.

Fakta itu ternyata tidak membuat pelatih AS Bob Bradley kehilangan kepercayaan kepada Onyewu

BACA JUGA: Firasat Buruk Dari Arkeolog

Ayah dari gelandang AS Michael Bradley itu menilai Onyewu hanya butuh mendapatkan kepercayaan dan dengan begitu dia akan kembali ke performa terbaik.

Karena itu, Bradley menurunkan Onyewu sebagai bek tengah AS ketika melawan Inggris di laga perdana
Dia berduet dengan Jay DeMerit di jantung pertahanan, serta ditopang Steve Cherundolo-Carlos Bocanegra posisi kanan dan kiri.

Ternyata hasilnya, Onyewu menjadi tembok tebal di lini belakang AS

BACA JUGA: Inggris v Aljazair: Momen Tepis Kritik

"Saya mengenal Onyewu dalam waktu yang lama, dan saya pikir dia sudah lebih baik dari sebelumnya," papar Landon Donovan, gelandang AS, kepada Washington Post.

"Dia percaya dia bisa menjadi pemain yang hebat sesuai dengan yang kami butuhkanJika Anda melihat perkembangan permainan dia sejak beberapa pekan lalu, Anda pasti sudah memprediksikan dia akan bermain bagus," lanjut Donovan.

Onyewu sendiri sangat gembira dengan penampilan dirinya"Ini rasanya seperti melawati delapan bulan yang sangat panjangSebelumnya saya sudah bilang kalau siap bermain di Piala Dunia, tapi orang-orang bilang itu hanya kata-kata penyemangat," papar Onyewu.

Pemain yang disapa Gooch itu adalah salah satu dari 17 pemain yang membela klub Eropa dalam daftar 23 pemain ASDia bahkan jadi pemain yang membela klub paling elite di antara rekan-rekannyaHanya saja, dia harus melewati satu musim dengan cedera.

Pada awal musim lalu, dia mengikat kontrak dengan MilanDia sempat bermain di pramusimOnyewu sempat bermain dalam sebuah laga kompetitif dari sepuluh laga awalDia menjadi cadangan saat Milan kontra FC Zurich di Liga Champions, 30 September tahun lalu.

Setelah itu, dia pun mengalami cederaAkibatnya, Onyewu tidak pernah main satu kali pun di Serie ADi akhir musim, dia memutuskan memperpanjang kontrak dengan Milan, tapi dia menolak menerima bayaran selama satu musim(ham)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Bukan Impian yang Mudah


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler