Jerman v Serbia: Ogah Pongah

Jumat, 18 Juni 2010 – 11:04 WIB
BERPIKIR - Pelatih Serbia Radomir Antic, saat mengawasi anak asuhnya sembari berpikir, dalam pertandingan versus Ghana, 13 Juni lalu. Foto: Paul Gilham/Getty Images/FIFA.com.

PORT ELIZABETH - Pasukan muda Jerman yang belum teruji menjawab keraguan publik dengan pesta gol 4-0 ke gawang Australia pekan lalu (14/6)Satu kemenangan lagi, mereka bisa memastikan diri lolos ke 16 Besar

BACA JUGA: Firasat Buruk Dari Arkeolog

Hanya saja, jalan yang harus ditempuh anak buah Joachim Loew untuk mengunci tiket diprediksi tidak semulus kala melawan Australia
Sebab, mereka harus menghadapi Serbia di matchday kedua nanti malam (siaran langsung Global TV pukul 18.30 WIB).

Kalau Jerman menatap laga ini dengan bekal kemenangan telak, Serbia sebaliknya

BACA JUGA: Inggris v Aljazair: Momen Tepis Kritik

Dejan Stankovic dkk ditekuk Ghana dengan skor tipis 0-1
Namun, perbedaan itu tidak membuat Jerman meremehkan pasukan asuhan Radomir Antic tersebut

BACA JUGA: Bukan Impian yang Mudah

Sebaliknya, mereka lebih waspada, karena Serbia pasti sangat bernafsu memetik angka penuh agar peluangnya ke babak kedua tetap terjaga.

"Kami berhasil membuat diri kami sendiri dihargai di pentas ini," ungkap penyerang Miroslav Klose kepada Associated Press"Kemenangan di laga pertama sangat penting, dan itu benar-benar mengangkat motivasi kamiTapi kami belum lolos ke babak keduaKami harus tetap fokus, dan di sisi lain tetap menikmati pertandingan," papar pencetak gol kedua Jerman ke kandang Australia itu.

"Ya, ini adalah kesempatan terakhir Serbia untuk tetap bertahan di turnamenMereka pasti sangat termotivasi," timpal asisten pelatih Hans Flick"Serbia jauh lebih bagus daripada Australia, mereka punya banyak pemain di klub-klub top EropaKami harus meningkatkan level permainan yang kami tunjukkan saat melawan Australia," tambahnya.

Melihat performa yang sangat prima di laga pertama, kecil kemungkinan Loew mengubah komposisi pemainnyaItu berarti, gelandang tengah Bastian Schweinsteiger yang sempat absen latihan gara-gara flu bakal kembali dimainkanMesut Ozil dan Sami Khedira yang tampil sangat impresif pekan lalu juga pasti dipertahankanBegitu pula formasi tiga striker berjajar di depan.

Sementara, Antic harus memutar otak untuk mengganti Aleksandar Lukovic yang kena kartu merah saat melawan GhanaKemungkinan besar, dia akan memainkan Neven Subotic yang karakter permainannya mirip dengan LukovicAntic juga sedang mempertimbangkan untuk mengganti Nenad Milijas yang pekan lalu tampil tidak efektif.

"Yang pasti, kami akan menggunakan pendekatan yang lebih hati-hati di sektor belakangKami tidak ingin style permainan agresif malah membuka lubang di pertahanan," ungkap Flick"Barisan tengah Serbia sangat kuat, dan mereka selalu menyusun serangan sporadis dari sektor sayapKami harus menyiapkan strategi untuk membendung itu," lanjut asisten pelatih Jerman sejak era Jurgen Klinsmann tersebut.

Antic sendiri mengakui bahwa kepercayaan diri anak buahnya menguap setelah kekalahan dari GhanaTerbukti, meskipun kubu Jerman melancarkan sejumlah pujian, mereka tetap merasa down.

"Memang benar, banyak pemain kami yang bermain di JermanMestinya kami mengenal merekaTapi lihat saja merekaSebagian besar bermain di Bayern Munchen, dan semua bisa lihat seperti apa kekuatan Bayern musim laluMereka sangat bagus," papar Gojko Kacar, defender Serbia"Kalau klubnya saja sekuat itu, timnasnya pasti bagus," lanjutnya.

Agar tidak menambah beban anak buahnya, pelatih 61 tahun itu memutuskan untuk tidak memasang target tertentuDaripada meminta mereka all out untuk membuka peluang lolos ke babak kedua, Antic malah menyuruh mereka bermain lepasDia berharap, dengan kondisi mental yang lebih ringan, Stankovic dkk bisa memetik hasil yang lebih bagus.

"Kami akan menghadapi tim yang sejauh ini memperagakan permainan paling atraktif di turnamenPemain-pemainnya sangat bagus, dan kami pasti akan kesulitan menembus tembok merekaItu wajar, dan kami memang tidak boleh memaksakan diri," papar Antic kepada Reuters.

"Justru Jerman lah yang mengajari kami untuk bermain lepas dan lebih menikmati pertandinganKami bermain terlalu ketat dan terburu nafsu ketika melawan Ghana, dan hasilnya apa" Kami gagalKali ini, kami akan menghadapi Jerman dengan kondisi mental yang lebih santai," pungkas Antic(na)

Data Pertandingan

Stadion: Nelson Mandela Bay, Port Elizabeth
Kapasitas: 46 ribu penonton
Wasit: Alberto Undiano (Spanyol)

Perkiraan Pemain

Jerman (4-3-3): 1-Neuer (g), 14-Badstuber, 17-Mertesacker, 3-Friederich, 16-Lahm; 8-Ozil, 7-Schweinsteiger, 6-Khedira; 13-Muller, 11-Klose, 10-Podolski
Pelatih: Joachim Loew

Serbia (4-4-2): 6-Ivanovic, 5-Vidic, 20-Subotic, 3-Kolarov; 17-Krasic, 10-Stankovic, 11-Milijas, 14-Jovanovic; 15-Zigic, 8-Lazovic
Pelatih: Radomir Antic

Head to Head
31/05/08      Jerman v Serbia         2-1
30/04/03      Jerman v Serbia-Montenegro     1-0

Di atas kertas
Catatan pertemuan kedua tim sangat minimTotal hanya dua kali mereka bertemu, salah satunya Serbia masih bergabung dengan MontenegroNamun, dalam dua laga itu, Jerman selalu menang, meskipun skornya sangat tipis.

Bursa Asian Handicap
0 : 3/4

BACA ARTIKEL LAINNYA... Rencanakan Latihan di Luar Kota


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler