Kunjungi Gorontalo, Dirut BPJS Ketenagakerjaan Pastikan Kemudahan Layanan bagi Peserta

Rabu, 04 September 2024 – 16:45 WIB
DIrektur Utama BPJS Ketenagakerjaan Anggoro Eko Cahyo menyambangi pekerja pengrajin kain Karawo atau kain tradisional khas Gorontalo yang ada di Desa Balahu. Foto: Dokumentasi BPJS Ketenagakerjaan

jpnn.com, GORONTALO - Peserta BPJS Ketenagakerjaan di daerah atau wilayah dipastikan merasakan kemudahan layanan.

Kepastian itu disampaikan Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Anggoro Eko Cahyo saat melakukan kunjungan kerja ke Gorontalo.

BACA JUGA: BPJS Ketenagakerjaan Sukses Lakukan Transformasi Digital Lewat Aplikasi Jamsostek Mobile

Dari perjalanan tersebut, Anggoro menjumpai langsung pekerja di desa untuk memastikan kemudahan pelayanan pihaknya sekaligus bertemu dengan tokoh masyarakat yang memiliki andil dalam memperluas perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan di wilayah tersebut.

Tiba pada Senin (2/9) pagi, Anggoro langsung menemui 2 tokoh inspiratif, yaitu Ismail Rahman yang sekarang menjabat sebagai Kepala Desa Balahu, dan Selawati Eyaji merupakan penyuluh Keluarga Berencana.

BACA JUGA: Menaker Ida Fauziyah Dorong Pekerja Migran Wajib jadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan

Keduanya merangkap sebagai Agen Perisai (Penggerak Jaminan Sosial Indonesia) BPJS Ketenagakerjaan di wilayah masing-masing dan telah terbukti membantu masyarakat mendapatkan perlindungan dan manfaat ketika risiko dari pekerjaan terjadi.

Anggora menyampaikan salah satu tujuannya ke Gorontalo untuk memberikan apresiasi kepada kedua tokoh inspiratif tersebut, Ismail Rahman dan Selawati Eyaji..

BACA JUGA: Dukung Program EKI OJK, BPJS Ketenagakerjaan Dorong Seluruh Pekerja Punya Jamsostek

"Melalui keduanya sudah banyak warga di Gorontalo yang telah terlindungi jaminan sosial ketenagakerjaan. Selain menjadi peserta, keduanya juga terpanggil untuk menyebarkan edukasi dan kabar baik tentang program dan manfaat jika terlindungi jaminan sosial ketenagakerjaan,” jelas Anggoro dalam keterangan resminya, Rabu (4/9).

Kunjungannya tersebut juga merupakan rangkaian kegiatan perayaan Hari Pelanggan Nasional (Harpelnas) yang pada hari, 4 September 2024.

Menurut Anggoro, Harpelnas selalu menjadi momen khusus bagi BPJS Ketenagakerjaan untuk hadir lebih dekat dengan para peserta.

“Pelanggan kami ini datang dari segala segmen, seluruhnya bisa menjadi peserta kami, mulai dari pekerja formal, pekerja informal, jasa konstruksi hingga pekerja migran Indonesia merupakan peserta kami," terangnya.

Karena itu, kata Anggoro, melalui tema Harpelnas tahun ini, yakni 'Tulus Melayani, Sebarkan Inspirasi', BPJS Ketenagakerjaan berkomitmen layanan yang diberikan kini semakin mudah diakses dan manfaatnya berdampak optimal bagi pekerja dan keluarga.

Pada kesempatan yang sama, Ismail Rahman yang juga mantan anggota DPRD Kabupaten Gorontalo menyampaikan dirinya sadar betul manfaat yang diberikan BPJS Ketenagakerjaan merupakan wujud negara hadir memastikan pekerjanya memiliki jaring pengaman sosial ekonomi ketika musibah atau risiko kerja terjadi.

Dia mengatakan masyarakat di Gorontalo ini memiliki tradisi yang cukup kental, khususnya pada warga yang mengalami kedukaan, bagi warga yang meninggal, keluarganya akan menyiapkan prosesi kedukaan atau pemakaman yang membutuhkan uang yang cukup banyak.

"BPJS Ketenagakerjaan melalui program Jaminan Kematian telah memastikan banyak ahli waris dari pekerja di Gorontalo yang meninggal dunia memiliki warisan untuk melanjutkan hidup dan tidak jatuh miskin,” jelas Ismail Rahman.

Ismail juga mengajak Anggoro menemui seorang ahli waris yang menyampaikan testimoni bahwa dari santunan jaminan kematian oleh almarhum suaminya, kini dirinya dapat bertahan hidup dan membuka usaha demi masa depan putra-putrinya.

Selain itu, Anggoro juga menjumpai pekerja pengrajin kain Karawo (kain tradisional khas Gorontalo) yang ada di Desa Balahu yang diajak untuk menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Anggoro meyakini dengan bukti banyaknya peserta yang telah merasakan manfaat BPJS Ketenagakerjaan akan semakin menggugah seluruh pekerja untuk peduli terhadap keselamatan kerjanya masing-masing.

Dia mengatakan seluruh pekerja bisa Kerja Keras Bebas Cemas.

Anggooro juga tidak lupa menyampaikan melalui aplikasi Jamsostek Mobile (JMO), BPJS Ketenagakerjaan berkomitmen memberikan pelayanan prima, mudah, lengkap dan cepat, serta pelayanan yang setulus hati bagi seluruh peserta.

“Selamat Hari Pelanggan Nasional tahun 2024, dengan segala kemudahan yang ada, kami berharap kepuasan peserta terhadap BPJS Ketenagakerjaan semakin meningkat. Seluruh pekerja apapun profesinya akan sadar bahwa mereka berhak mendapatkan perlindungan jaminan sosial, keseluruhnya akan berujung pada pekerja Indonesia yang sejahtera,” ucap Anggoro. (mrk/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler