Kurang Ajar! Pengusaha Sengaja Sebar Limbah Ayam di Tengah Jalan

Selasa, 18 Juli 2017 – 00:23 WIB
Limbah ayam potong yang dibuang di tengah Jalan Kopi Selatan Sampit, Senin (17/7). Foto: SERA DIYA/RADAR SAMPIT/JPNN.com

jpnn.com, KOTAWARINGIN TIMUR - Ulah seorang pengusaha ayam potong membuat berang warga Jalan Kopi Selatan, Sampit, Kotawaringin Timur, Kalteng.

Pasalnya, pengusaha tersebut membuang limbah ayam potong ke tengah jalan.

BACA JUGA: Braak! Dokter Aris Terjepit di Mobil Selama 3 Jam

Sartika, warga sekitar mengatakan, limbah ayam potong yang dibuang di tengah jalan itu baru dilakukan kemarin (17/7).

Diduga pengusaha itu marah gara-gara ditegur warga karena membuang limbah ayam potong di tempat pembuangan sampah (TPS) yang seharusnya untuk sampah rumah tangga.

BACA JUGA: Begini Cara Pencuri Cantik Menjalankan Aksinya

”Sudah sering diperingati. Terakhir saya tegur untuk tidak buang limbah ayam di sini, mereka malah sewot dan membalas bertanya, “kalau nggak buang di sini, terus dibuang di mana? Di sungai kah?” ucapnya sambil menirukan ucapan si pelaku pembuangan limbah ayam.

Dia menduga, pengusaha tersebut dendam dan marah akibat teguran warga, sehingga mereka menyebar limbah ayam itu ke tengah jalan. Hal tersebut membuat jalan di sekitar Kopi Selatan kotor dan kumuh.

BACA JUGA: Bocah Tergilas Mobil di Bandara, Politikus PDIP Salahkan Pengelola

”Di Baamang itu, saudara saya pengusaha ayam motong ayam ribuan ekor seharinya. Tapi, tidak ada limbahnya di bak sampah Baamang. Kenapa pengusaha yang di sini sampai berbuat begini? Meresahkan saja,” ujarnya dengan nada kesal.

Staf Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kotim, Reza, membenarkan adanya kejadian tersebut. Pihaknya menyayangkan hal tidak bertanggung jawab yang dilakukan oknum pemilik rumah pemotongan ayam itu.

”Ini bak sampah rumah tangga, bukan untuk limbah ayam. Sudah kita larang sejak dulu, tapi mereka tetap buang di sini. Kami sudah menegur dan menyurati, bahkan memasang spanduk besar di situ. Tapi, tetap saja kejadian. Bahkan, rumah warga yang sering menegur mereka juga sengaja ditumpuk limbah ayam di depan rumahnya,” ungkapnya.

Kejadian ini, lanjutnya, membuat warga setempat tidak tinggal diam. Dia bahkan menerima surat protes dari warga yang meminta agar oknum pembungan limbah ayam ditindak tegas dan TPS di lingkungan tempat tinggal mereka sekalian dipindahkan.

Surat pernyataan tersebut mengumpulkan tanda tangan dari warga RT 12 RW 4 di Jalan Kopi Selatan.

Reza menambahkan, oknum pelaku pembuang limbah ayam itu sudah ditangkap dan akan langsung ditindak. Tempat kejadian untuk sementara akan dibiarkan sebagai bukti.

Pihaknya juga akan menindak rumah pemotongan ayam yang menghasilkan limbah, karena kejadian tersebut selalu berulang. Sanksi berat bisa diberikan pada rumah pemotongan ayam itu. ”Insyaallah akan dicabut izinnya,” tegasnya.

Sementara itu, Plt Kasatpol PP Kotim Rihel mengatakan, pihaknya sudah menerima aduan dan keluhan dari warga di sekitar tempat sampah yang terdapat bangkai ayam itu. Namun, dalam kejadian ini, dia berharap ada penyelesaian secara baik-baik.

”Pagi tadi (kemarin, Red) anggota dikirim lagi ke sana, namun ini bukan penindakan melainkan teguran kepada pemilik ayam,” ujarnya. (sei/mir/ign)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Detik-Detik Mengerikan Bocah Tergilas Mobil di Bandara Sampit


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler