Kuras Toko, Maling Gasak 1 Kg Emas

Selasa, 04 Maret 2014 – 23:58 WIB

jpnn.com - LUMAJANG - Sebuah toko emas di Pasar Pasirian, Lumajang, dibobol maling. Seluruh isi toko ludes dibawa kabur pencuri. Aksi yang diduga dilakukan dua orang tersebut terjadi pada Minggu malam (2/3).

Toko Emas Berlian milik Yani itu diketahui dibobol maling Senin pagi (3/3). Saat itu seorang pedagang pasar curiga karena melihat bekas congkelan di toko yang juga menjual perak tersebut. Pedagang tersebut lalu menghubungi si pemilik toko. 

BACA JUGA: Marak, Beli Sapi Pakai Upal

Setelah diperhatikan, ternyata kunci gembok tidak sama. Pelaku, tampaknya, cukup cerdik karena mengganti kunci gembok yang telah dirusak dengan yang baru untuk menutupi aksinya. Pemilik toko pun membuka paksa gembok itu dengan menggunakan gergaji.

Yani kaget bukan kepalang. Sebab, semua perhiasan berikut uang yang tersimpan di brankas ludes. Kejadian tersebut langsung dilaporkan ke polisi.

BACA JUGA: Samuel Diduga Empat Kali Setubuhi Anak Panti Asuhan

Yanto, seorang pedagang di Pasar Tempeh, menyatakan bahwa pencurian itu baru diketahui saat paginya, tepatnya ketika pedagang mulai beraktivitas. Saat itu diketahui ada bekas congkelan di bagian pintu toko tersebut. ''Akhirnya, kami memberi tahu pemilik toko,'' ungkapnya.

Menurut dia, semua perhiasan di toko tersebut ludes. Setidaknya, satu kilogram (kg) perhiasan emas dan 0,5 kg perak dibawa kabur pelaku. ''Lebih banyak emasnya,'' ujarnya. 

BACA JUGA: Baju Dalam Perempuan Bikin Sial

Sebenarnya, ada petugas keamanan di kompleks pasar tersebut. Namun, dia menjelaskan bahwa petugas itu tidak sigap.

Polres Lumajang kemarin melakukan olah tempat kejadian perkara dengan dipimpin Kasatreskrim AKP Kusmindar. Setelah memasang police line, mereka mencari petunjuk terkait dengan pencurian tersebut.

Namun, saat dikonfirmasi, Kusmindar enggan berkomentar soal temuan hasil olah TKP maupun kejadian itu. ''Nanti saja,'' ucapnya.

Yani menjelaskan bahwa tokonya ditinggal sejak Sabtu. Pada Minggu dia libur sebagaimana kebanyakan toko emas lain di kompleks tersebut. ''Saya dikabari pagi,'' tuturnya kepada wartawan koran ini.

Mengenai kerugian yang diderita karena kejadian itu, dia belum mengetahui dengan pasti. Namun, dia memastikan bahwa 1 kg perhiasan emas dan sekitar 0,5 kg perhiasan perak di toko tersebut ludes. Selain perhiasan, dia mengungkapkan bahwa uang yang tersimpan di brankas juga raib, yakni mencapai Rp 15 jutaan. ''Brankasnya juga dicongkel,'' ungkapnya. (wan/wah/mas)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Malu Dihamili Kuli Bangunan, Siswa Buang Janin di Selokan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler