Lagi, 3 Desa di Kecamatan Dringu Terendam Banjir, Ini Keenam Kali

Senin, 08 Maret 2021 – 23:46 WIB
Petugas mengevakuasi seorang bayi ke tempat yang aman dari banjir di Kecamatan Dringu, Kabupaten Probolinggo, Senin (8/3/2021) petang. Foto: ANTARA/ HO - BPBD Kabupaten Probolinggo

jpnn.com, PROBOLINGGO - Hujan deras yang terus mengguyur Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, mengakibatkan tiga desa di Kecamatan Dringu terendam banjir, Senin malam.

"Sejak siang hingga malam terpantau hujan di wilayah Probolinggo bagian selatan dengan intensitas ringan hingga sedang," kata petugas Pusdalops BPBD Probolinggo Ismail di kabupaten setempat.

BACA JUGA: Kombes Helmi Keluarkan Ultimatum: Ke Mana Pun Tetap Kami Buru

"Akibatnya tiga desa di Kecamatan Dringu yakni Desa Kedungdalem, Tegalrejo, dan Dringu terendam banjir."

Menurut Ismail, petugas mengevakuasi warga yang rentan seperti ibu hamil, balita, dan lansia di tiga desa tersebut ke beberapa titik tempat pengungsian sementara dengan menggunakan perahu karet karena ketinggian air melebihi 1 meter.

BACA JUGA: Bank BTN Salurkan Rp200 Juta untuk Warga Terdampak Banjir di Jateng

"Kondisi malam ini banjir sudah mulai surut secara perlahan dan terpantau intensitas hujan di wilayah hulu mulai menurun, tetapi hingga malam hari ini masih dilakukan proses asesment, identifikasi, pemantauan, dan evakuasi masyarakat terdampak," katanya lagi.

Banjir yang menerjang di Kecamatan Dringu, Kabupaten Probolinggo itu merupakan kejadian yang berulang keenam kalinya sejak awal Februari 2021.

BACA JUGA: Ketahui Manfaat Susu Sapi A2 Ketimbang A1

Penyebab kejadian itu diduga karena beberapa faktor yakni tingginya sedimentasi sungai dan peningkatan debit sungai yang menyebabkan beberapa titik tanggul jebol sehingga permukiman warga tergenang.

Berdasarkan data BPBD Probolinggo, banjir di Desa Kedung Dalem dan Desa Dringu yang terjadi pada 27-28 Februari 2021 tercatat sebanyak 1.430 kepala keluarga (KK) atau 4.405 warga, sedangkan banjir pada Senin malam ini masih dilakukan pendataan.

Sementara itu, rapat koordinasi perbaikan infrastruktur Sungai Kedunggaleng sebagai upaya penanganan pasca kejadian banjir di Kecamatan Dringu dipimpin oleh Wakil Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko bersama UPT PSDA Provinsi Jawa Timur dan diikuti oleh beberapa OPD terkait seperti PUPR, Perkim, Bappeda, Dinsos. (antara/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Hujan 8 Jam, Probolinggo Terendam Banjir, Kali Ini Cukup Parah


Redaktur & Reporter : Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler