Lagi, DPR Soroti Pelayanan Haji

Selasa, 23 Februari 2010 – 17:32 WIB

JAKARTA-Terkait dengan pembahasan evaluasi pelaksanaan pemberangkatan haji tahun 2009, Komisi VIII DPR RI menilai bahwa Kementerian Agama RI masih banyak melakukan kesalahan yang sama di setiap tahunnya.

“Masalah yang timbul di setiap tahunnya  masih saja selalu samaTerutama di dalam masalah pelayanan konsumsi dan  akomodasi jemaah selama berada di Arab Saudi,” terang Anggota Komisi VIII DPR RI, Rukmini Buchori dalam rapat dengar pendapat dengan Dirjen Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kementerian Agama RI di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (23/2).

Masalah yang dimaksud adalah keterlambatan katering dengan banyaknya  makanan yang tidak layak, serta permasalahan penginapan para jemaah haji

BACA JUGA: ICW Minta Dukungan F-PDIP

"Mulai dari jauhnya lokasi penginapan dari tempat penyelenggaraan rukun haji, serta permasalahan yang tidak layaknya tempat penginapan yang ada,” paparnya.

Dengan adanya kondisi tersebut, Rukmini pun mempertanyakan apakah selama ini Kementerian Agama selalu melakukan evaluasi terhadap kinerja pihak Penyelenggaran haji.

"Kami menyarankan, dengan meningkatnya jumlah  jemaah yang berasal dari Indonesia saat ini, maka Kemenag harus mengimbangi dengan peningkatan pelayanan dari pelaksanaan haji itu sendiri,” katanya.

Sementara itu, anggota Komisi VIII DPR RI , Alammudin Dimyati Rois juga menambahkan bahwa Kemenag sebaiknya juga harus meningkatkan koordinasi dengan perusahaan-perusahaan  atau badan usaha penyelenggaraan umroh dan haji
Dia mengaku  menemukan adanya  permasalahan empat ribu jemaah haji dari Indonesia yang diberangkatkan melalui badan usaha penyelenggaraan haji yang ternyata tidak berkoordinasi dengan pihak Kemenag.

"Kok bisa terjadi seperti itu

BACA JUGA: Pansus Panggil SBY, Koalisi Pecah

BACA JUGA: Cicak Desak Direktur Penuntutan KPK Dicopot

Masa Kemenag  bisa terlewatkan? Kami harapkan ke depannya lebih menyiapkan antisipasi untuk menangani hal serupa,” tegasnya.(cha/oji/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kemampuan Inteligen TNI Harus Ditingkatkan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler