Lakukan Inovasi dan Terobosan Baru, Samsat Sulut Dapat Apresiasi dari Kemendagri

Senin, 18 Juli 2022 – 23:05 WIB
Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Keuangan Daerah (Keuda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Agus Fatoni saat meninjau Samsat Kota Manado, Kamis (14/07/2022). Foto: Humas Kemendagri

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Keuangan Daerah (Keuda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Agus Fatoni mengapresiasi inovasi Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) di Provinsi Sulawesi Utara.

Dia meninjau area pelayanan bersama Kepala Bidang Pajak Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sulawesi Utara Jun Silangen dan jajaran Samsat Manado.

BACA JUGA: Ingin Perpanjang STNK? Lihat Lokasi Layanan Samsat Keliling di Jakarta Hari Ini

Pemantauan itu, mulai dari pelayanan Sistem Samsat di dalam ruangan hingga area pelayanan Samsat Drive Thru.

"Peninjauan untuk memantau, monitor, dan evaluasi pelayanan Samsat yang ada di Kota Manado," kata Fatoni.

BACA JUGA: TAMPAK Laporkan Irjen Ferdy Sambo & Bharada E ke Propam Polri

Pada peninjauan tersebut, Fatoni mengapresiasi pelayanan pajak kendaraan di Samsat Manado.

"Samsat Manado sudah cukup bagus, sudah ada drive thru, waktu istirahat bergantian sehingga tidak ada jam yang kosong, ini bagus," ujar Fatoni.

BACA JUGA: Pembunuh Mbak Dea Ditangkap Polisi, Motifnya Terungkap, Tuh Tampang Pelaku

Selain itu, Fatoni juga mengingatkan Samsat Manado untuk meningkatkan pencapaian perolehan pajak karena akan berdampak terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Target perolehan pajak Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) 2022 untuk Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) sebesar Rp. 389.573.892.397.

Kemudian, target dari Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) sebesar Rp. 300.724.821.266.

Fatoni mengungkapkan hingga 13 Juli 2022 perolehan pajak PKB Sulut telah tercapai sebesar Rp. 213.050.048.017 dan BBNKB Rp. 157.225.647.850.

"Kemudian, akan ditetapkan kebijakan untuk mendorong peningkatan pendapatan daerah sehingga bisa maksimal. Selain itu, yang tidak kalah pentingnya adalah peningkatan pelayanan. Keduanya menjadi konsen kita karena saling terkait. Kita perlu lakukan dengan serius," tegas Fatoni.

Pada kesempatan itu, Fatoni juga mengapresiasi inovasi dan terobosan yang dilakukan Samsat di Provinsi Sulawesi Utara dalam meningkatkan pendapatan dan pelayanan kepada wajib pajak seperti menyediakan pelayanan Samsat Malming, yaitu pelayanan Samsat setiap malam Minggu di wilayah Bitung dan Kotamobagu dan Sambalados, Samsat Baron wilayah Manado dan sekitarnya, serta Samsat Weekend, yaitu pelayanan Samsat setiap hari Sabtu di wilayah Mantos dan Minut.

Inovasi lainnya ialah Samsat BSG, yaitu pelayanan Samsat yang dibuka diseluruh kantor cabang maupun cabang pembantu dan Kas Bank Sulut Gorontalo yang tersebar di Kabupaten/Kota.

Kemudian, inovasi Pos Samsat meliputi pelayanan Samsat di seluruh kantor pos Indonesia yang tersebar di Kabupaten/Kota.

Ada pula inovasi Sistem Lembayaran PKB melalui ATM, Teller, M-Banking Bank SulutGo, Tokopedia, serta akan dibuka Samsat Keliling Laut Khusus Wilayah Kepulauan.

"Samsat di Sulut banyak inovasi yang bagus, yang bisa ditiru oleh Samsat yang lain," ucap Fatoni.

BACA JUGA: Buntut Kasus Mas Bechi, Ponpes Shiddiqiyah Jombang Langsung Ditinggal Para Santri

Fatoni menyebut berbagai inovasi lainnya seperti Samsat Manado yang menyediakan tiga jenis pelayanan, yakni 10 Samsat Induk, 5 Samsat Pembantu, dan 33 Samsat Unggulan yang meliputi Drive Thru, Corner, Outlet, Keliling, Mall Pelayanan, Gerai Bank Sulut Gorontalo, hingga E-Samsat. (mcr9/jpnn)


Redaktur : Budianto Hutahaean
Reporter : Dea Hardianingsih

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler