Lampaui Target, Investasi di Pekanbaru Tembus Rp 4 Triliun

Jumat, 10 November 2017 – 12:37 WIB
Investasi. Foto: pixabay

jpnn.com, PEKANBARU - Iklim investasi dari tahun ke tahun terus meningkat di Kota Pekanbaru, Riau.

Bahkan, Kota Pekanbaru bisa dikatakan menjadi salah satu kota tujuan investasi terbaik di Indonesia saat ini.

BACA JUGA: Pemerintah Jamin Return Investasi Infrastruktur

Hal ini dibuktikan dengan nilai realisasi investasi dari dalam maupun luar negeri yang sudah melampaui target di atas Rp 4 triliun.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTS) Kota Pekanbaru, Muhammad Jamil mengatakan, pada tahun ini terget investasi di Kota Bertuah ditetapkan sekitar Rp 1,2 triliun.

BACA JUGA: Investasi Energi Baru Terbarukan Hanya Rp 11,74 Triliun

Sedangkan untuk tahun lalu, realisasinya sekitar Rp 2,2 triliun.

"Total investasi yang masuk sejak awal tahun hingga sekarang sudah di atas Rp4 triliun. Artinya, capaian ini sudah bagus dan diperkirakan angka ini terus bertambah menjelang akhir tahun mendatang," ujar Jamil kepada Riau Pos (Jawa Pos Group), Kamis (9/11).

BACA JUGA: Belum Puas, Buruh Bakal Gelar Demo di Balai Kota DKI

Dijelaskan mantan Kabag Umum Setko Pekanbaru itu, sebagian besar nilai investasi tersebut berasal dari investor asing yang menanamkan modal di Pekanbaru. Khususnya dalam pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) di Kecamatan Tenayanraya.

"Rp3,5 triliun itu investasi pembangunan PLTG oleh perusahaan bergerak di bidang energi PT Medco Energi Internasioal Tbk," sampainya.

Sementara sisanya merupakan investasi dari dalam negeri yang didominasi bergerak di sektor jasa, sektor perdagangan serta sektor industri.

Lebih lanjut dikatakannya, meski nilai investasi sudah melebihi target, namun masih ada kendala yang menghambat para investor menanamkan modalnya. Yakni belum disahkannya Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW).

"Hambatan mengenai RTRW belum ada titik temu. Kami berharap segera disahkan agar para investor menanamkan modal di Pekanbaru," sebutnya.

Ketika disinggung mengenai target investasi tahun depan, Jamil belum dapat memastikannya. Tapi dia memperkirakan nilainya akan di atas target tahun sebelumnya.

"Pasti nilainya di atas target tahun ini," tutup Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKSDM) Kota Pekanbaru itu.(*3)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Hakim Pengadilan Pekanbaru Vonis Mati 3 Penyeludup Narkoba


Redaktur & Reporter : Budi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler